get app
inews
Aa Read Next : KPU Tetapkan 55 Anggota DPRD Kaltim Terpilih, Partai Golkar Raih Kursi Terbanyak

Tak Ada Alasan Tunda Pemilu, KPU Tegaskan Sesuai Jadwal 14 Februari 2024

Senin, 28 Februari 2022 | 14:29 WIB
header img
KPU memastikan Pemilu digelar sesuai jadwal. (Foto: Inews.id)

JAKARTA, iNewsKutai - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) masih sesuai jadwal yakni 14 Februari 2024. Anggota KPU Pramono Ubaid menyatakan lembaganya tidak memiliki alasan untuk melakukan penundaan pelaksanaan pesta rakyat tersebut.

"Bagi KPU, tidak ada alasan untuk menunda Pemilu," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Senin (28/2/2022). 

Pramono menjelaskan, lembaga penyelenggara pesta demokrasi di Indonesia tersebut memastikan akan berpegang pada keputusan politik bersama yang sudah diambil antara KPU, Pemerintah dan DPR. 

Pramono menyebut, munculnya wacana penundaan Pemilu hanya sebatas wacana politik.  "Tidak berdampak apa pun pada jadwal pemilu yang sudah diputuskan," ujar Pramono.

Terkait munculnya wacana penundaan Pemilu 2024, Pramono menyatakan, isu itu akan berdampak pada jadwal Pemilu jika ditindaklanjuti dengan usulan fraksi-fraksi di Komisi II DPR, untuk mengubah keputusan bersama yang sudah diambil.

"Sepanjang tidak ada usulan baru, maka keputusan bersama itu akan terus berlaku," ucap Pramono. 

Di sisi lain, Pramono menegaskan, penundaan Pemilu hanya mungkin dilakukan jika didahului dengan amandemen UUD 1945, khususnya Pasal 22E ayat (1).

"Sementara pengambilan keputusan dalam proses amandemen kan juga tidak mudah. Karena itu, jika tidak ada Amandemen, maka penundaan Pemilu merupakan tindakan inkonstitusional," tutup Pramono.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut