get app
inews
Aa Read Next : Jokowi dan Prabowo Makan Malam Jelang Peralihan Kekuasaan, Ini yang Dibahas

Reshuffle Kabinet Hari Ini, Presiden Jokowi Copot Dua Menteri

Senin, 19 Agustus 2024 | 06:56 WIB
header img
Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet, Senin (19/8/2024) hari ini. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet, Senin (19/8/2024) hari ini. Dua menteri dipastikan masuk dalam daftar pergantian.

Menteri yang  dicopot dari jabatannya yakni Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly hingga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

"Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa menteri, wakil menteri dan beberapa kepala badan di Istana Negara Senin, tanggal 19 Agustus 2024 hari ini, pukul 09.30 WIB," ungkap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Senin (19/8/2024).

Ari membeberkan, posisi menteri yang diganti yakni Menkumham, Menteri ESDM serta Menteri Investasi. Jokowi juga akan melantik Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional hingga Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Terkait siapa nama-nama menteri, wamen dan kepala badan yang akan dilantik, kita tunggu saja jam 9.30 WIB nanti ya," ujarnya.

Ari menambahkan, reshuffle dilakukan untuk mendukung transisi pemerintahan dari Jokowi kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Reshuffle diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," tambahnya.

Nama-nama menteri yang akan di-reshuffle sebelumnya sudah beredar pagi ini. Yasonna H Laoly dikabarkan akan digantikan Supratman Andi Agtas. Sementara Bahlil Lahadalia ditunjuk sebagai Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif.

Sementara Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan diisi Rosan Roeslani.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut