get app
inews
Aa Read Next : Turki Ancam Serang Israel, Erdogan Singgung Perang Karabakh

Didukung 124 Negara, PBB Setujui Resolusi Usir Israel dari Tanah Palestina

Kamis, 19 September 2024 | 11:08 WIB
header img
PBB menyetujui resolusi mengusir Israel dari wilayah Palestina dalam 1 tahun kedepan. (foto: ilustrasi/ist)

NEW YORK, iNewsKutai.id - Majelis Umum PBB setuju mengusir Israel dari wilayah Palestina. Seruan pada Rabu (18/9/2024) itu mengadopsi resolusi diakhirinya pendudukan Israel atas wilayah Palestina

Negara Zionist itu diberi waktu satu tahun untuk angkat kaki dari semua wilayah yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, tempat berdirinya Masjid Al Aqsa dan ibu kota masa depan Palestina.

Resolusi yang diusulkan Palestina itu mendapat dukungan dari 124 negara dalam pemungutan suara. Hanya ada 14 negara yang menolak dan 43 negara lainnya memilih abstain.

Resolusi pengusiran Israel ini merupakan hasil dari nasihat hukum yang diminta Majelis Umum PBB kepada Mahkamah Internasional (ICJ) pada Juli lalu di Den Haag, Belanda.

"Ini adalah resolusi Majelis Umum PBB pertama yang pernah diperkenalkan oleh Negara Palestina. Resolusi tersebut dibangun berdasarkan nasihat hukum ICJ mengenai kebijakan dan praktik Israel di wilayah Palestina yang diduduki," bunyi pernyataan Perwakilan Tinggi Palestina, dikutip dari Anadolu.

Tidak hanya itu, resolusi ini juga memberikan hak kepada rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan pembentukan negara yang berdaulat bersama Israel.

Resolusi ini mendapat dukungan dari Uni Eropa. Mereka menegaskan kembali komitmennya terhadap perbatasan tahun 1967.

"Uni Eropa tidak akan mengakui perubahan perbatasan tahun 1967 maupun kedaulatan Israel atas wilayah yang diduduki sejak 1967, kecuali disetujui kedua belah pihak," bunyi pernyataan Uni Eropa.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut