get app
inews
Aa Read Next : Kolam Eks Galian Tambang di Kaltim sudah Telan 51 Jiwa, Mayoritas Anak-Anak

Akmal Malik Lantik 6 Pjs Kepala Daerah, Bambang Arwanto Jabat Pjs Bupati Kutai Kartanegara

Rabu, 25 September 2024 | 19:00 WIB
header img
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik melantik enam pejabat sementara bupati. (foto: ist/pemprov kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kaltim, Bambang Arwanto dilantik sebagai pejabat sementara Bupati Kutai Kartanegara, Rabu (25/9/2024).

Pelantikan dilakukan Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik di Pendopo Odah Etam. Bambang Arwanto akan menjabat sebagai bupati sementara selama dua bulan.

Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan bupati setelah Edi Damansyah mengajukan cuti karena kembali mencalonkan diri dalam Pilkada Kukar 2024.

Penunjukan Bambang Arwanto ini tertuang dalam surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3-4088 Tahun 2024 tentang Penunjukkan Penjabat Sementara Bupati dan Penjabat Wali Kota Pada Provinsi Kalimantan Timur.

Selain pjs bupati Kukar, Akmal Malik juga melantik lima pjs lainnya yakni Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Sufian Agus sebagai Pjs Bupati Berau dan dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kaltim M Syirajudin sebagai Pjs Bupati Paser, 

Kemudian Kepala Satpol-PP Kaltim, Munawwar sebagai Pjs Wali Kota Bontang, Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma sebagai Pjs Bupati Kutai Timur, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kaltim Ahmad Muzakkir sebagai Pjs Wali Kota Balikpapan.

Dalam amanatnya, Akmal Malik mengingatkan meskipun hanya menjabat selama dua bulan, situasi di daerah bisa berubah dengan cepat. Karena itu, pjs harus membangun komunikasi yang efektif dengan DPRD dan seluruh elemen forkopimda sangat penting.

Akmal juga mengingatkan bahwa periode dua bulan ini adalah waktu yang krusial untuk menguji integritas dan loyalitas dalam mewujudkan demokrasi yang netral.

"Saya berharap agar komunikasi dengan tokoh masyarakat dan forkopimda dijadikan prioritas demi menjaga ketentraman dan ketertiban selama pilkada," pintanya.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Kaltim maupun Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut