get app
inews
Aa Read Next : Juara MotoGP Catalunya 2023, Espargaro Bayar Lunas Kesalahan Musim Lalu

Kemenangan Bersejarah Aleix Espargaro, Aprilia Pertama Kali Juara di Kelas MotoGP

Senin, 04 April 2022 | 03:02 WIB
header img
Aleix Espargaro meraih kemenangan pertama dalam karirnya setelah menjuarai MotoGP Argentina. (foto : reuters/agustin marcaria)

TERMAS DE RIO HONDO, iNewsKutai.id – Pembalap Aprilia Aleix Espargaro mencetak sejarah di Sirkuit Termas de Rio Hondo setelah memenangkan MotoGP Argentina, Senin (4/4/2022) dini hari WITA.

Itu merupakan kemenangan pertama pembalap Spanyol tersebut dikelas MotoGP sejak terjun ke kelas para raja. Tidak hanya itu, dia juga membawa Aprilia menjuarai seri kelas primer untuk kali pertama.

Potensi Aleix sebelumnya sudah terlihat sejak sesi latihan bebas ketika mampu mencatatkan waktu tercepat. Hal itu dilanjutkannya pada sesi kualifikasi setelah merah pole position pertama sepanjang karirnya.

Jalannya Balapan 

Aleix Espargaro gagal mempertahankan posisi terdepan di tikungan satu saat balapan dimulai. Dia disalip pembalap Pramac Ducati Jorge Martin yang melakukan startnya dengan sangat baik sehingga memimpin balapan. 

Sementara rekan setim dari Martin yaitu Johann Zarco. Sebab Zarco mengalami kecelakaan dan tidak bisa melanjutkan balapan. Nasib kurang baik juga dialami juara bertahan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang tercecer ke posisi 12.

Memasuki 12 lap terakhir, perombakan lima besar terjadi. Dimana dua pembalap Suzuki Ecstar mampu merangsek masuk. Kali ini, Martin masih memimpin balapan dengan diikuti secara berurutan oleh Aleix Espargaro, Alex Rins, Pol Espargaro, dan Joan Mir. 

Sementara itu, Maverick Vinales berada di urutan keenam. Dia diikuti oleh Francesco Bagnaia yang kali ini berupaya untuk merangsek masuk ke posisi lima besar. Bagnaia melakukan balapannya dengan sangat baik mengingat dia start dari posisi ke-13. Sementara Quartararo masih berkutat di urutan 11, terlihat dia kesulitan untuk bisa merangsek naik. 

Tak lama setelah itu, nasib sial harus dialami Pol Espargaro. Sebab dia mengalami kecelekaan di tikungan dua. Sehingga membuat Mir naik ke urutan empat dan Vinales ke posisi lima. Sementara Martin masih memimpin balapan dan terus dibayangi oleh Aleix Espargaro. 

Memasuki lima lap terkahir, Aleix Espargaro terus memepet Martin. Hingga akhirnya, dia berhasil menyalip pembalap Pramac Racing itu dan memimpin balapan. Aleix Espargaro memimpin balapan dibuntuti oleh Martin, Rins, Mir, dan Vinales secara berurutan. 

Pembalap Aprilia itu mencoba untuk meningkatkan kecepatannya. Hingga akhirnya, Aleix Espargaro berhasil mempertahankan posisinya dan keluar sebagai pemenang di MotoGP Argentina 2022. Sementatra di posisi dua dan tiga diisi oleh Martin dan Rins. 

Hasil Lengkap MotoGP Argentina 2022: 

1        Aleix Espargaro     SPA   Aprilia Factory (RS-GP) 
2        Jorge Martin SPA   Pramac Ducati (GP22) 
3        Alex Rins     SPA   Suzuki Ecstar (GSX-RR) 
4        Joan Mir      SPA   Suzuki Ecstar (GSX-RR) 
5        Francesco Bagnaia ITA   Ducati Lenovo (GP22) 
6        Brad Binder RSA  Red Bull KTM (RC16) 
7        Maverick Viñales   SPA   Aprilia Factory (RS-GP) 
8        Fabio Quartararo   FRA  Monster Yamaha (YZR-M1) 
9        Marco Bezzecchi   ITA   Mooney VR46 Ducati (GP21)* 
10      Enea Bastianini      ITA   Gresini Ducati (GP21) 
11      Luca Marini ITA   Mooney VR46 Ducati (GP22) 
12      Takaaki Nakagami  JPN   LCR Honda (RC213V) 
13      Miguel Oliveira      POR  Red Bull KTM (RC16) 
14      Jack Miller   AUS  Ducati Lenovo (GP22) 
15      Alex Marquez        SPA   LCR Honda (RC213V) 
16      Raul Fernandez      SPA   KTM Tech3 (RC16)* 
17      Remy Gardner       AUS  KTM Tech3 (RC16)* 
18      Darryn Binder        RSA  WithU RNF Yamaha (YZR-M1)* 
19      Stefan Bradl GER  Repsol Honda (RC213V) 
20      Andrea Dovizioso  ITA   WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut