get app
inews
Aa Read Next : Sudah Siap Balapan, Honda Umumkan Marc Marquez Comeback di MotoGP Aragon

Blunder Memalukan di GP Catalunya, Ini Penjelasan Aleix Espargaro

Minggu, 05 Juni 2022 | 22:46 WIB
header img
Pembalap Aprilia Aleix Espargaro blunder di GP Catalunya, Minggu (5/6/2022). (foto: motogp)

BARCELONA, iNewsKutai.id - Pembalap Aprilia Aleix Espargaro angkat bicara terkait blunder fatalnya di GP Catalunya, Minggu (5/6/2022). Dia menyatakan, kesalahan tersebut tidak bisa ditoleransi jika ingin memenangkan MotoGP.

Kejadian memalukan ditunjukkan Aleix Espargaro. Setelah berhasil menyalip Jorge Martin dan kembali merebut posisi kedua, pembalap Spanyol itu tiba-tiba melakukan selebrasi ketika balapan masih menyisakan satu lap.

Dia langsung menurunkan kecepatan motornya setelah melintasi garis finis dan mengira sudah mengamankan podium kedua. Dia bahkan sempat melambaikan tangan ke arah penonton. Dia baru menyadari kesalahannya ketika sudah tercecer ke posisi keenam pembalap.

Beruntung, saat kembali ke lintasan Espargaro masih bisa memperbaiki peringkat setelah berhasil menyalip Luca Marini. Sementara posisi kedua diraih Jorge Martin dan Johann Zarco di podium ketiga.

"Saya sangat kecewa, saya minta maaf kepada semua orang terutama tim, itu adalah kesalahan yang tidak dapat diterima dan itu adalah 100 persen kesalahan saya,"ujar Espargaro dilansir Washington Post, Minggu (5/6/2022). 

Aleix mengaku, ketika keluar dari tikungan, dirinya tidak memperhatikan petunjuk dari kru Aprilia dengan baik. "Saya melihat tanda itu dan lupa bahwa seharusnya tertulis L0 (untuk lap terakhir) bukannya L1 di lap terakhir. Itu sepenuhnya salahku,” sesal Espargaro.

Akibat blundernya tersebut, dia gagal merapatkan perolehan poin dengan pemimpin klasemen sementara Fabio Quartararo. Dia kehilangan 9 poin dan harus puas hanya membukukan 11 angka di GP Catalunya. Espargaro kini mengemas 125 poin dan berselisih 22 angka dengan Quartararo yang sudah mengumpul 147 poin.

“Saya tidak bisa membuat kesalahan ini jika saya ingin memenangkan kejuaraan. “Saya harus meminta maaf kepada tim saya. Itu tidak bisa diterima,” pungkasnya.

CEO Aprilia Racing Massimo Rivola menyatakan jika blunder Aleix Espargaro memang sebuah kesalahan. Dia memilih tidak mempersoalkannya dan mendukung pembalapnya bangkit dan fokus menghadapi balapan selanjutnya.

"Sisi positifnya, kami telah menunjukkan sekali lagi kami sangat kompetitif dan dari sini kami memulai dua kali lipat. Kami tetap mendukung Aleix,"pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut