get app
inews
Aa Read Next : Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023, Jorge Martin Crash

Juara MotoGP Catalunya 2023, Espargaro Bayar Lunas Kesalahan Musim Lalu

Minggu, 03 September 2023 | 21:28 WIB
header img
Aleix Espargaro juara MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (3/9/2023). (foto: motogp)

CATALUNYA, iNewsKutai.id - Aleix Espargaro juara MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (3/9/2023). Kemenangan itu membayar lunas kesalahan fatalnya pada MotoGP 2022 lalu di sirkuit yang sama.

Espargaro tampil tanpa kesalahan di Sirkuit Catalunya. Tampil di depan publiknya sendiri, pembalap Aprilia itu secara perlahan menyodok ke barisan depan. Dia bahkan sempat bertarung sengit dengan rekan satu timnya Maverick Vinales untuk memperebutkan posisi terdepan.

Espargaro akhirnya berhasil menyalip Vinales pada lap 19 dan memimpin hingga akhir balapan. Dia unggul 0,377 detik dari Vinales di posisi kedua. Sementara podium ketiga ditempati pembalap Ducati Jorge Martin dengan selisih waktu 2,4 detik.

Kemenangan itu membuatnya membayar kesalahan fatalnya pada MotoGP musim lalu. Saat itu, Espargaro salah menghitung jumlah lap dan langsung melakukan selebrasi podium pada putaran terakhir.

Dia baru menyadari kesalahannya ketika sejumlah rider menyalipnya dan kembali ke lintasan. Akibat kesalahannya tersebut, dia bahkan harus kehilangan podium.

Untuk mengingatkan akan kesalahan tersebut, Espargaro bahkan mengenakan helm dengan desain khusus yang bertuliskan "satu putaran lagi,". Helm itu sebagai penghormatan untuk kesalahannya pada musim 2022.

"Saya tidak punya kata-kata. Hal pertama yang ingin saya katakan adalah saya senang," ujar Espargaro dilansir Motorsport.

Dia mengaku cukup kesulitan untuk mengalami Vinales karena memiliki motor yang lebih kencang dan pengereman bagus. Bahkan, beberapa kali dirinya melakukan kesalahan saat mencoba mengejar Vinales.

Dia kemudian mengubah gaya balapnya dan membiarkan motornya memasuki tikungan dengan ritme yang lebih baik. 

"Saya pikir sejenak saya tidak akan mengejar dia, dia sangat cepat. Tapi saya mengganti map dan mendorong hingga batas seperti kualifikasi selama 25 menit dan saya sangat senang," katanya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut