get app
inews
Aa Read Next : Sudah Dipecat, IDI Kembali Buka Pintu Bagi Dokter Terawan, Kok Bisa?

Dokter Terawan Dipecat, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Tanyakan Izin Praktek ke IDI

Minggu, 24 April 2022 | 13:41 WIB
header img
dr. Terawan Agus Putranto. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Momentum kunjungan Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke Mabes TNI dimanfaatkan Panglima Jenderal Andika Perkasa mempernyatakan status dokter Terawan Agus Putranto yang dipecat dari organisasi perhimpunan dokter tersebut.

Saat ini, dokter Terawan masih tercatat sebagai tenaga medis dan berpraktik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Pensiunan jenderal bintang tiga itu bahkan sempat menjadi Dirut RSPAD Gatot Soebroto pada 1 Juni 2015 hingga 22 Oktober 2019 sebelum ditunjuk menjadi menteri kesehatan. 

Kepada Ketua Umum IDI Moh Adib Khumaidi, Jenderal Andika menyatakan jika keputusan IDI yang mengeluarkan Terawan dari keanggotaan persatuan dokter terbesar di Indonesia itu akan mempengaruhi praktik di rumah sakit TNI tersebut. 

"Keputusan apapun IDI apakah itu berpengaruh terhadap misalnya izin praktik dr Terawan di RSPAD," katanya melalui akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Minggu (24/4/2022).

Seperti diberitakan sebelumnya, dokter Terawan resmi dipecat sebagai anggota IDI dalam Muktamar ke-31 di Aceh beberapa waktu lalu. Salah satu pelanggaran berat yang mendasari pemecatan tersebut adalah terapi DSA atau cuci otak yang selama ini dipraktikkan dokter Terawan. 

"Soal keanggotaan kan beliau tidak lagi aktif tapi sebagai dokter yang juga praktik di RS (Pusat Angkatan Darat) kami itu pun kita akan ikut aturan," ujar Andika.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut