get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Polisi Tahan Roy Suryo dalam Kasus Meme Stupa Borobudur

Luhut Tetapkan Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750.000, Netizen: Bye-bye Borobudur

Minggu, 05 Juni 2022 | 14:22 WIB
header img
Tarif masuk kawasan Candi Borobudur naik menjadi Rp750.000 per orang. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah memutuskan menaikkan tarif masuk Candi Borobudur menuai reaksi keras netizen lantaran dinilai tidak rasional dan kemahalan. Untuk wisawatan mancanegara ditetapkan sebesar 100 dollar Amerika Serikat per orang. 

Sementara bagi turis domestik juga harus merogoh kocek dalam-dalam yakni Rp750 ribu per orang. Tarif baru tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan lewat akun Instagram-nya, Minggu (5/6/2022).

Luhut beralasan, keputusan menaikkan tarif tersebut dilakukan untuk membatasi kunjungan ke kawasan candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra tersebut. Pembatasan dilakukan untuk demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. 

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajarm kami berikan biaya 5000 rupiah saja," ujar Luhut dikutip, Minggu (5/6/2022). 

Tidak hanya menaikkan tarif, Luhut juga mewajibkan semua turis menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. 

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini, sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," ucapnya.

Keputusan ini sontak menuai reaksi netizen lantaran tarif tersebut dinilai kemahalan. Penetapan tarif tersebut dinilai hanya akan membuat Candi Borobudur esklusif untuk orang-orang kaya. Alasannya, masyarakat umum termasuk di Yogyakarta akan berpikir ulang sebelum membeli tiket masuk.

"Bye bye borobudur, nanti hanya Orang kaya saja yang menikmati keindahan mu,"tulis @***anmuhamad__.

"750rb orang punya duit pun juga mikir mau masuk ke candi Borobudur pak. Mereka akan milih ke tempat wisata/destinasi yg jauh lebih keren dan lebih worth it," timpal @****anbudiono di kolom komentar Instagram Luhut.

"Mahal bgt pak utk wisatawan domistik segitu . Bapak tau kan UMR berapa ?mikir2 lah kami kalau ngajak keluarga ke Borobudur," ujar akun @****malika17.

"Murah banget pak, harusnya 1jt/orang. Tumben bapak baik banget," tulis akun @***ari_wafiq97.

"Pak @luhut.pandjaitan Dinasti Syailendra menangis melihat ini....," ujar akun @***nie_gonzales14

Sebelumnya, tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur ditetapkan sebesar Rp50.000 per orang. Meski sudah diumumkan, disitus pembelian tiket masih memberlakukan tarif lama.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut