get app
inews
Aa Read Next : Kabar Dunia, Aktor Senior Donny Kesuma Meninggal Dunia Usai Dirawat Akibat Penyakit Jantung

Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung dan Stroke? Batasi Konsumsi Ikan Berkolesterol Tinggi Ini

Minggu, 12 Juni 2022 | 10:27 WIB
header img
Ilustrasi ikan mengandung kolesterol tinggi. (foto: ist)

JAKARTA , iNewsKutai - Penyakit jantung dan stroke sangat identik dengan kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal membuat seseorang rentan terserang dua penyakit kronik tersebut.

Padahal, pemicu penyakit jantung dan stroke bisa dihindari. Caranya menghindari mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi yang tidak jarang tersaji di meja makan rumah. Salah satunya adalah ikan

Meskipun dikenal sehat, namun tidak sedikit ikan yang mengandung kolesterol tinggi. Karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi berlebihan jenis ikan ini karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

Berikut ikan dengan kolesterol tinggi seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (11/6/2022). 

1. Ikan Lele 

Siapa sangka, ikan yang umum ditemukan di warung pinggir jalan Indonesia ternyata mengandung kolesterol tinggi. Ikan ini dikenal mudah dikembangbiakkan dan memiliki cita rasa gurih dan nikmat jika makan bersama sambal. 

Dilansir Vanguard, praktisi medis bernama Dr Arikawe Adeolu mengatakan bahwa lele mengandung kolesterol sangat tinggi. Asam lemak omega-6 dalam lele juga dapat meningkatkan peradangan tubuh. Peradangan ini menjadi dasar penyakir kardiovaskular, seperti diabetes, dan kanker terntentu. 

2. Ikan Bawal 

Ikan jenis ini mengandung 120 ml kolesterol setiap 100 gram ikan bawal. Oleh karena itu disarankan untuk tak berlebihan ketika menyantap hidangan dengan ikan satu ini. Perhatikan juga cara mengolahnya agar ikan bawal tak hanya enak tapi juga menyehatkan. 

3. Ikan Kod 

Ikan yang banyak dijumpai di perairan Atlantik ini juga memliki kandungan kolesterol tinggi. Per satu ons ikan kod, kolesterol di dalamnya bisa mencapai 17.3 miligram. Kendati demikian, minyak ikad kod terkenal baik bagi kesehatan anak. Pasalnya, minyak tersebut terdapat kandungan baik seperti vitamin A, lemak omega 3 , dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut