Waspada Penyakit Cacar Monyet Masuk Kalimantan, Ditemukan di Singkawang

Antara
Penampakan tangan pasien yang terkena cacar monyet. (Foto: ilustrasi/WHO)

PONTIANAK, iNewsKutai.id - Penyakit cacar monyet atau Monkeypox diduga sudah masuk Kalimantan. Hal ini menyusul temuan seorang pasien yang diduga terpapar penyakit tersebut di RSUD Soedarso Pontianak.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kalbar, pasien tersebut sudah menjalani perawatan sejak 14 Juni lalu. Kadis Kesehatan Kalbar Hary Agung TJ  mengungkapkan, pasien tersebut sudah menjalani pemeriksaan fisik maupun laboratorium untuk memastikan terpapar cacar monyet atau cacar biasa.

Terduga pasien cacat monyet ini baru yang pertama di Kalbar. Ciri penyakit ini agak lebih parah karena benjolan berisi airnya lebih banyak dari cacar biasa dengan gejala demam, lemah, menggigil dan sebagainya," ujarnya, Jumat (17/6/2022). 

Menurut Hary, penularan cacar monyet bisa dari binatang pengerat seperti tikus, tupai, termasuk monyet itu sendiri. Cara penularan bisa karena gigitan atau cakaran hewan tersebut. 

"Untuk penularannya bisa melalui percikan air liur dan lainnya. Kalau ada kasus ini maka pasiennya harus segara dilakukan isolasi," katanya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network