Gandeng Kodam Mulawarman, Pemprov Kaltim Bangun 41 Rumah Layak Huni di Samarinda dan Balikpapan

Andy
Ilustrasi warga miskin penerima program rumah layak huni. (foto: dok inews)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim akan kembali melakukan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) Juli ini. Sebanyak 41 unit akan dibangun di Kota Samarinda dan Balikpapan.

Pembangunan RLH bersama Kodam VI Mulawarman ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kaltim seperti PT Insani Bara Perkasa, PT Gunung Bayan Group dan PT Bankaltimtara.

Program ini berdasarkan Pergub 27/2021 tentang tanggung jawab sosial dan dampak lingkungan terhadap masyarakat terkait kegiatan usaha perusahaan pertambangan dan energi yang beraktivitas di Kaltim.

“Pembangunan terselenggara berkat kerja sama Pemprov Kaltim bersama Kodam VI Mulawarman serta perusahaan pertambangan dan energi di Kaltim. Juli ini direncanakan ground breaking,” ungkap Kepala Biro Adbang Setda Kaltim Lisa Hasliana dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Selasa (5/7/2022).

Lisa menjelaskan bangunan rumah bertipe 36 dan dikerjakan jajaran TNI. Dia mengatakan, penerima program RLH harus memenuhi syarat yang sudah disampaikan Tim Badan Pengelola RLH Kaltim.

Selanjutnya, pembangunan berdasarkan data yang diberikan oleh bupati dan wali kota di Kaltim. Data akan diverifikasi oleh Dinas PUPR Kaltim dan diverifikasi ulang oleh Badan Pengelola Pembangunan RLH Kaltim.

“Sasaran penerima ini adalah mereka yang berpenghasilan rendah dan memang memiliki rumah dan lahan, tetapi rumahnya belum layak. Sehingga perlu dibangunkan ulang oleh pemerintah. Bahkan, ketika rumah itu jadi atau sudah dibangunkan, maka tidak diperkenankan untuk dijual atau dipindahtangankan kepada orang lain,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network