Anggaran Beasiswa Kalimantan Timur Ditambah Rp150 Miliar, Jumlah Penerima Naik 3.300 Orang

Emy Adawiyah
Ilustrasi anggaran beasioswa Kalimantan Timur 2022 ditambah Rp150 miliar. (foto: dok inews)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim melakukan penambahan anggaran Beasiswa Kalimantan Timur 2022. Tidak tanggung-tanggung, tambahan dana mencapai Rp150 miliar sehingga totalnya menjadi Rp300 miliar untuk tahun ini.

Penambahan anggaran beasiswa ini dilakukan pada APBD Perubahan 2022. Tambahan ini otomatis berdampak pada jumlah pelajar dan mahasiswa penerima yang naik menjadi 3.300 orang.

"Tahun ini kita akan tambah Beasiswa Kaltim Tuntas itu menjadi Rp300 miliar. Jadi dari Rp155 miliar, kita tambah lagi Rp150 miliar lagi. Ini sudah menjadi komitmen pemerintah,” tegas Isran Noor saat meresmikan Pojok Statistik Universitas Mulawarman di lantai 2 Gedung Perpustakaan Unmul Samarinda, Senin (12/9/2022) lalu.

Menurut dia, tambahan anggaran ini secara otomatis akan menambah jumlah penerima, khususnya untuk kategori beasiswa tuntas.

“Jadi bagi mahasiswa yang sudah apply atau melamar, tidak perlu lagi mengajukan permohonan baru, nanti yang dibawah nilainya akan otomatis tertarik ke atas. Jadi sekitar 3.300 orang tambahan akan menerima beasiswa tuntas di tahun 2022 ini,” sebut Isran.

Mantan bupati Kutai Timur itu juga memastikan pada APBD 2023 mendatang alokasi anggaran untuk Beasiswa Kaltim tidak akan berkurang. “Dan tahun depan bukan kurang, akan sama jumlahnya sekitar Rp300 miliar,” jelas Isran.

Dengan kisaran anggaran yang dialokasikan untuk Beasiswa Kaltim 2022 dan 2023 mendatang, Gubernur berharap, sekitar 30-40 persen mahasiswa yang berasal dari Kaltim akan menerima Beasiswa Kaltim Tuntas. 

Saat ini, kata dia, jumlah mahasiswa dan pelajar asal Kaltim mencapai 153 ribu orang. Dia berharap, minimal 30 persen bisa mendapatkan bantuan beasiswa.

“Jadi kalau terisi sekitar 50 ribu orang maka akan dapat 30-40 persen. Jadi itulah kira-kira bayangan bahwa masyarakat dan anak-anak kita harus mendapatkan dukungan yang kuat dalam hal penyelesaian studi mereka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” jelas Isran.

Terkait pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Bumi Kalimantan Timur, dia meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya mahasiswa sebagai generasi penerus pembangunan Kaltim.

“Saya akan melakukan sayembara tulisan tentang IKN untuk 1.000 mahasiswa yang akan mendapatkan Beasiwa Kaltim Tuntas baik dari program S1, S2 dan S3. Dan saya akan berikan hadiah yang menarik diluar beasiswa,” pungkas Isran Noor.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network