Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Cetak Dua Gol

Abriandi
Argentina juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahka Prancis lewat drama adu penalti. (Foto: Reuters)

DOHA, iNewsKutai.id - Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti pada partai final di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam. Lionel Messi menjadi pahlawan setelah mencetak dua gol.

Sejatinya, dalam laga tersebut Argentina unggul dua gol terlebih dulu pada babak pertama lewat gol penalti Lionel Messi pada menit 23 dan Angel Di Maria di menit 36. Dominasi Argentina membuat permainan Prancis sulit berkembang.

Hal itu kemudian direspons Didier Deschamp dengan melakukan perubahan. Dia menarik keluar Olivier Giroud, dan Ousman Dembele dan menggantikannya dengan Kolo Muani serta Marcus Thuram. Namun, upaya memainkan dua striker pengganti tersebut belum membuahkan hasil.

Pada babak kedua, Argentina tetap tampil mendominasi hingga Lionel Scolani menarik keluar Angel Di Maria untuk memperkuat pertahanan. Dia digantikan bek Marco Acuna. Deschamp yang jeli melihat perubahan tersebut kemudian menarik keluar Griezman dan Theo Hernandez.

Dia kemudian memainkan Kingsley Coman dan Eduardo Camavinga untuk memperkuat lapangan tengah. Keputusan Scolani menarik Di Maria terbukti menjadi blunder. Daya gempur yang menurun dimanfaatkan Les Bleus untuk memborardir pertahanan La Albiceleste. 

Prancis akhirnya mendapat hadiah penalti pada menit 80 dan dieksekusi dengan baik oleh Mbappe. Ironisnya, hanya berselang satu menit kemudian, Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan Thuram. Gol yang memanfaatkan serangan balik itu sekaligus menyamakan kedudukan 2-2.

Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit. Pada babak extra time, Messi kembali melambungkan asa Argentina meraih gelar juara setelah memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Lautaro Martinez yang diblok Lloris.

Tendangan berhasil menjebol gawang Prancis pada menit 108. Namun, Mbappe lagi-lagi menyamakan kedudukan setelah mencetak gol dari titik penalti pada menit 118. Skor 3-3 bertahan hingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, 4 eksekutor Argentina mampu menyarangkan gol. Sementara 2 penendang Prancis yakni Coman dan Tchouameni gagal menunaikan tugasnya. Argentina akhirnya menang dengan skor 4-2.

Hasil ini membuat Argentina mengakhiri puasa gelar Piala Dunia yang terakhir kali diraih pada 1986 saat diperkuat pemain legendaris Diego Armando Maradona.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network