Pelajar Kaltim Siap-siap, Seleksi Paskibraka Provinsi dan Nasional Segera Dimulai

Emy Adawiyah
Pemprov Kaltim akan kembali menggelar seleksi Paskibraka tingkat provinsi dan nasional. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi akan kembali digelar Pemprov Kaltim. Sebanyak 40 orang siswa SMA akan dipilih untuk bertugas pada upacara peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2023 mendatang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Prov Kaltim HM Syirajudin mengungkapkan, saat ini sudah ada enam daerah yang menyampaikan jadwal seleksi yang dimulai awal Maret. Kota Samarinda akan menjadi daerah pertama menggelar seleksi kemudian Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Balikpapan disusul Berau serta Kutai Kartanegara.

"Jadi, seleksi ini terbuka untuk seluruh pelajar se Kaltim. Bagi para pelajar yang memiliki bakat siapkan diri anda untuk bersaing menjadi terbaik," jelasnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Selasa (14/2/2023).

Menurutnya, seleksi langsung dikoordinir langsung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melalui Bidang Pengembangan Pemuda. Tim Seleksi Paskibraka telah melakukan rapat persiapan yang Korem 091 Aji Surya Natakesuma serta Polresta Samarinda.

Untuk pemilihan calon paskibraka provinsi, tim seleksi akan melihat Sikap Gerak dan Penampilan (SGP), tes fisik meliputi lari, push up, pull up, sit up, dan tes baris-berbaris. 
Mengingat tes SGP cukup menyita waktu, Syirajudin berpesan agar tim seleksi fokus pada data hasil pemantauan.

Syirajudin juga mewanti-wanti tim seleksi untuk menilai berdasar pada kemampuan, keterampilan dan wawasan yang dimiliki peserta. Dia tidak ingin ada peserta potensial justru tersingkir karena ada penilaian tidak objektif atau intervensi dari luar.

"Proses seleksi SGP akan dilakukan secara tertutup mengingat privasi dari peserta, namun tetap harus didokumentasikan sebagai pertanggungjawaban panitia seleksi. Jangan ada intervensi apalagi terpilih hanya karena orang tua," tegasnya.

Berkaca pada 2022 lalu, sebanyak 1.134 siswa mengikuti seleksi dari seluruh Kalimantan Timur. 40 perserta terbaik yang terdiri dari 20 putra dan 20 putri kemudian bertugas di provinsi dan akan diseleksi lagi untuk menentukan wakil nasional.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network