Kebutuhan Uang Tunai Ramadan dan Idul Fitri 2023, Bank Indonesia Siapkan Rp195 Triliun

Abriandi/Antara
Bank Indonesia menyiapkan Rp195 triliun uang tunai untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2023. (foto: ilustrasi/ist)

BI juga telah mulai mengimplementasikan secara nasional layanan BI secara wholesales melalui perbankan, dalam hal ini dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

“Uji coba sudah dilakukan beberapa kali, dan hari ini kami mulai lakukan implementasi secara resmi,” ucap Marlison.

BI juga akan melakukan kas keliling secara terpadu baik di Jakarta maupun di beberapa daerah lainnya. Khusus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, sebanyak 55 perbankan akan melaksanakan kegiatan kas keliling di 599 titik secara terpadu dan bersama-sama.

BI juga akan melakukan kegiatan tersebut di titik-titik yang tidak dilayani oleh perbankan, seperti di terminal, pasar, dan rest area, BI Peduli Mudik di beberapa jalur penyeberangan, dan BI Kas Keliling Susur Sungai di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

Berbagai layanan di kegiatan yang dilaksanakan BI ini bisa didapatkan melalui aplikasi pintar, tapi BI juga akan melayani masyarakat yang datang secara langsung.

“Ini mudah-mudahan memberi inspirasi kepada bank, sehingga tahun ini dan tahun depan, perbankan bisa mengikuti secara bersama-sama kegiatan Susur Sungai karena banyak masyarakat yang membutuhkan layanan penukaran uang,” ujarnya.

Editor : Abriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network