Syarat dan Ketentuan Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam, Masyarakat Wajib Tahu

Rilo Pambudi
Syarat dan ketentuan hewan kurban sapi atau kambing sesuai dengan ajaran agama Islam. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, penting bagi umat Muslim untuk memahami syarat dan ketentuan hewan kurban sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini menjadi perhatian utama bagi setiap individu yang hendak melaksanakan ibadah kurban.

Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, adalah momen penting yang identik dengan pelaksanaan ibadah kurban. 

Menyembelih hewan kurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari-hari Tasyrik yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Dzulhijjah.

Dilansir dari Lembaga Amil Zakat Al Azhar, Senin (10/6/2024), ibadah kurban tidak akan sah jika hewan kurban tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Hewan yang boleh dikurbankan sesuai dengan ketentuan adalah unta, sapi, domba atau kambing, dan kerbau.

Lantas, apa saja syarat untuk berkurban sapi atau kambing sesuai syariat Islam? Simak ulasan berikut

Syarat Hewan Kurban Kambing dan Sapi Sesuai Syariat Islam

1. Hewan Kurban Harus Sehat

Hewan kurban harus dalam keadaan sehat. Hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya, seperti bulu yang bersih dan mengkilap, berat badan yang cukup, wajah yang cerah, nafsu makan yang baik, dan kondisi lubang-lubang tubuh yang bersih dan normal. Selain itu, suhu tubuh hewan juga harus normal, sekitar 37 derajat Celsius.

2. Tidak Cacat

Menurut ajaran Rasulullah, hewan kurban tidak boleh cacat. Hewan yang dipilih untuk kurban tidak boleh pincang, buta, atau memiliki cacat lainnya. Namun, hewan yang memiliki bekas penanda tetap masih dapat digunakan untuk kurban.

3. Cukup Umur

Umur hewan kurban juga harus memenuhi syarat yang ditetapkan. Untuk domba atau kambing, umur minimalnya adalah 1 tahun, sedangkan untuk sapi atau kerbau, minimal harus berusia 2 tahun. Umur hewan dapat diketahui dari riwayat kelahirannya atau dengan memeriksa giginya.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network