Jokowi Pilih Ngantor di IKN Nusantara hingga Lengser, Begini Penjelasan Istana

Raka Dwi Novianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di IKN Nusantara mulai Selasa 10 September 2024 besok. (foto: ist/kemen pupr)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai Selasa 10 September 2024 besok hingga lengser dari kursi orang nomor 1 di Indonesia.

Jokowi akan menempati Istana Garuda IKN Nusantara hingga 19 Oktober 2024 atau satu hari jelang masa jabatannya sebagai presiden habis pada 20 Oktober 2024.

"Istana Garuda sudah bisa digunakan. Wajar jika presiden ingin merasakan bekerja di Istana Garuda sebelum estafet pemerintahan diserahkan kepada presiden selanjutnya. Bagaimana pun ini legacy-nya beliau," jelas Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2024).

Meski berkantor di IKN, Hasan memastikan Jokowi akan tetap melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah hingga masa jabatannya berakhir. 

Jokowi juga akan mendelegasikan sejumlah tugas kenegaraan kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Berangkatnya tetap dari IKN Nusantara. Ada juga pekerjaan yang didelegasikan ke wakil presiden jika dimungkinkan," ungkapnya.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menambahkan, fasilitas Istana Garuda di IKN sudah cukup lengkap jelang Jokowi berkantor mulai 10 September. Dia memastikan tidak ada kendala dalam persiapan fasilitas penunjang kerja Jokowi di IKN.

"(Fasilitas) sudah cukup lengkap, kan hunian ASN juga sudah jadi. Tidak ada kendala,” ujar Heru Budi Hartono.

Meski demikian, Heru mengaku jika jadwal berkantor Jokowi di IKN Nusantara bersifat dinamis karena menyesuaikan agenda kegiatan setiap harinya.

"Dinamika kegiatan Presiden cukup padat, tidak hanya beliau di IKN, tapi masih ada jadwal untuk kunjungan ke daerah lain,” tambahnya.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network