Kebakaran Maut di Kota Samarinda Tewaskan 7 Orang, Ini Fakta-Faktanya 

Abriandi
Mobil double cabin yang diduga memicu kebakaran ruko di Kota Samarinda turut terbakar, Minggu (17/4/2022). (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Tujuh orang penghuni rumah toko (ruko) tidak mampu menyelematkan diri dalam kebakaran Minggu (17/4/2022) sekitar pukul 04.45 Wita pagi. Sedangkan satu orang lainnya masih dinyatakan kritis di rumah sakit.

Berikut fakta-fakta kebakaran maut  di Jalan AW Syahrani RT 14 Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu tersebut:

1. Dipicu tabrakan mobil

Sebelum kebakaran, sebuah mobil double cabin bermuatan sepeda motor diduga milik perusahaan tambang melaju kencang lalu kemudian oleng dan menabrak kios penjual bensin eceran.

Tabrakan ini kemudian memicu kebakaran lantaran banyaknya bahan bakar yang tumpah dan api dengan cepat membesar di bagian depan ruko yang menjual barang elektronik, sembako, dan plastik. Sejumlah saksi mengaku mendengar ledakan.

2. Ruko Tidak Dilengkapi Pintu Darurat

Penghuni ruko diduga tidak mampu menyelamatkan diri lantaran api bersumber dari pintu bagian depan. Sementara bangunan tidak dilengkapi dengan pintu darurat ataupun akses lain bagi penghuni untuk bisa menyelamatkan diri.

Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan memadamkan api dan mengevakuasi korban lantaran pintu ruko terkunci. Petugas terpaksa menjebol tembok menggunakan martil.

3. Korban merupakan satu keluarga

Tujuh korban tewas dan 1 orang kritis merupakan satu keluarga. Korban kritis Nur Aqila Azahra diketahui masih duduk di kelas 3 SD Al Firdausi Islamic School Kota Samarinda. Korban baru bisa dievakuasi melalui lantai 2 bangunan setelah api berhasil dikendalikan.

4. Terjadi jelang Salat Subuh

Peristiwa kebakaran ini terjadi jelang Salat Subuh atau setelah warga Kota Samarinda santap sahur. Karena itu, saat kejadian, sudah banyak warga yang beraktivitas di sekitar lokasi kejadian dan merupakan jalan utama Kota Samarinda.

5. Damkar kerahkan 20 armada

Dinas Pemadam kebakaran kota Samarinda harus berjuang ekstra hingga tiga jam untuk bisa menjinakkan api. Armada yang dikerahkan tidak kurang dari 20 unit dibantu relawan pemadam kebakaran swasta.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network