get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Semringah, Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Nusantara sudah 74 Persen

Reshuffle Kabinet! Presiden Jokowi Ganti Dua Menteri, Ini Bocorannya

Rabu, 15 Juni 2022 | 08:37 WIB
header img
Jokowi dikabarkan akan mengumumkan reshuffle hari ini, Rabu (15/6/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju (KIB) berhembus kencang dari Istana Negara. Dikabarkan, Presiden Joko Widodo akan melantik dua menteri dan tiga wakil menteri, Rabu (15/6/2022). 

Dari informasi yang dihimpun, dua menteri yang akan dicopot yakni Menteri Perdagangan M Lutfi dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Keduanya sudah menghadapi Presiden Jokowi di Istana Negara pada Selasa (14/6/2022).

M Lutfi dikabarkan akan digantikan Zulkifli Hasan. Pergantian ini menyusul kabar jika PAN bergabung dengan koalisi KIB. Sedangkan Sofyan Djalil akan digantikan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto. Untuk posisi wamen, di antaranya ada pergantian posisi Wamen ATR/BPN. 

Sebelumnya, Jokowi mengundang sejumlah menteri ke Istana Negara, Jakarta pada Selasa (14/6/2022). Selain Sofyan Djalil dan M Lutfi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga dipanggil. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikabarkan juga menghadap Jokowi.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga dipanggil pada hari yang sama.  

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menekankan segala keputusan mengenai kabinet merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut menanggapi isu reshuffle yang santer terdengar belakangan ini.  

"Pokoknya itu kewenangan sepenuhnya presiden, maunya kapan, orangnya ada di mana, partainya apa, kebutuhannya apa presiden yang tahu," ujar Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut