get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati, Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang Anak-anak, Waspada Gejala Ini

Sering Tersaji di Meja Makan, Deretan Lauk Ini Mengandung Kolesterol Tinggi

Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:11 WIB
header img
Mongunsumsi telur berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. (Foto: iNews.id/Asianage).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penyakit kolesterol sangat erat kaitannya dengan apa yang menjadi menu sehari-hari. Tidak jarang, lauk pauk yang disajikan di atas meja makan justru mengandung kolesterol tinggi.

Mulai dari makanan mengandung santan, gorengan, dan lauk yang bisa memicu masalah kolesterol. Sejatinya, kolesterol memang tetap dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel yang sehat. 

Karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makan sehat dan menerapkan pola hidup sehat. Masalahnya adalah makanan yang kerap menjadi menu sehari-hari di rumah justru memicu kolesterol.

Karena itu, sangat penting untuk membatasi konsumsi jenis lauk pauk berikut ini dikutip dari Health Line. 

1. Ikan Lele 

Tidak banyak yang tahu jika ikan yang gampang ditemukan hampir di semua rumah makanan utamanya jajanan kaki lima mengandung kolesterol yang sangat tinggi serta asam lemak omega-6 yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Peradangan tersebut, adalah penyebab yang mendasari penyakit kardiovaskular, kanker tertentu dan diabetes. 

2. Sosis 

Daging olahan seperti sosis, bacon mengandung kolesterol tinggi yang harus dibatasi konsumsinya. Mengkonsumsi daging olahan dapat meningkatkan penyakit jantung dan kanker usus besar. Sebuah penelitian melibatkan 614.000 peserta, dan menemukan bahwa setiap tambahan 50 gram daging olahan per hari dapat dikaitkan dengan risiko 42 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung. 

3. Jeroan 

Usus, otak, babat, hati, dan sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, makanan favorit banyak masyarakat Indonesia ini tinggi kolesterol yang dapat menyebabkan asam urat. Terlebih jika jeroan diolah dengan menggunakan santan yang akan menyebabkan kolesterol naik. 

4. Udang 

Udang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan ikan laut lainnya. Dalam 100 gram udang, terdapat kandungan 252 kolesterol. Jumlah tersebut merupakan 84 persen dari kebutuhan kolesterol harian. 

5. Daging Ayam Berlemak 

Daging ayam pun tidak luput dari kolesterol tinggi. Paha dan sayap merupakan bagian ayam yang memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Meski enak diolah menjadi berbagai macam masakan, sayangnya, makanan ini tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan. 

6. Telur 

Telur tinggi kolesterol, dengan satu telur besar memberikan 211 mg kolesterol atau 70 persen dari reference daily intakes (RDI). Sebagian orang menghindari memakan telur karena kolesterolnya yang tinggi. Namun, penelitian menunjukkan telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol dan makan telur utuh dapat menyebabkan kolesterol baik naik yang baik untuk melindungi jantung.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut