get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

KKN di Kawasan IKN Nusantara, Mahasiswa Universitas Mulawarman Diminta Petakan Potensi Warga Lokal

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:17 WIB
header img
Sebanyak 200 mahasiswa Universitas Mulawarman mengikuti KKN di kawasan IKN NUsantara. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Universitas Mulawarman (Unmul) mengirim 200 mahasiswa tingkat akhir mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe meminta mahasiswa Unmul membantu otorita untuk mengidentifikasi kondisi desa dan merumuskan solusi untuk mendukung pembangunan ibu kota baru.

Dhony mengatakan, lewat pengumpulan data secara memadai dan perumusan masalah secara baik, akan muncul alternatif solusi sekaligus uji coba model solusi yang diusulkan sebagai program kerja unggulan.

"Lakukan pemetaan kebutuhan tenaga kerja dan peluang usaha serta pemetaan potensi warga lokal dalam mengisi kebutuhan di IKN Nusantara. Mahasiswa juga harus mendalami budaya plural yang sudah ada di kalangan warga desa dan bagaimana mengembangkan," jelasnya Dhony yang hadir secara daring, Jumat (17/6/2022).

Kepala Biro Kesra Setda Kaltim Andi Muhammad Ishak mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, mahasiswa peserta KKN ini diharapkan ikut membangun kesiapan seluruh pemangku kepentingan dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara.

"Silakan bereksplorasi dengan wawasan dan keilmuan yang telah diterima selama di perkuliahan. Pemerintah percaya dan yakin seluruh mahasiswa yang KKN mampu serta kreatif ketika terjun ke masyarakat. Semoga, membawa terobosan dalam pengembangan wilayah," jelasnya.

Seremoni penyerahan mahasiswa KKN Angkatan ke 48 bertema Desa Mandiri Menyongsong IKN dilakukan Rektor Universitas Mulawarman Prof Dr H Masjaya kepada Pemprov Kaltim diwakili Andi Muhammad Ishak di Kampus Unmul Samarinda.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut