get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Diusung Partai Nasdem Jadi Calon Presiden 2024, Ini Jawaban Anies Baswedan

Minggu, 19 Juni 2022 | 13:27 WIB
header img
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam daftar bakal calon presiden Partai NasDem. (Foto:Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tiga nama resmi diumumkan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Ada nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.

Dari tiga nama tersebut, Anies Baswedan paling dijagokan jika Partai NasDem mengusung capres sendiri. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta itu jauh sebelumnya dikabarkan sudah merapat ke NasDem dan menjalin komunikasi politik dengan Ketua Umum Surya Paloh.

Anies sendiri menyatakan sangat terhormat namanya bisa masuk dalam salah satu kandidat capres Partai NasDem. Dia mengaku berterima kasih mengingat dirinya bukan dari kalangan partai politik.

"Respek kepada Ketua Umum Pak Surya Paloh dan seluruh jajaran yang memulai sebuah terobosan yang cukup baru yaitu memberikan ruang kepada pimpinan wilayah untuk ikut menentukan, untuk ikut mengusulkan," ujar Anies kepada wartawan, Sabtu (18/6/2022).  

Meski demikian, Anies enggan berbicara terlalu banyak terkait pencalonan tersebut dengan alasan fokus utamanya saat ini adalah menuntaskan tugasnya membangun Kota Jakarta. 

"Ini adalah sebuah kebaruan yang sangat diapresiasi dan saya saat ini masih menuntaskan tugas di Jakarta sampai dengan Oktober jadi tentu saja fokus kami akan terus pada memastikan semua rencana di Jakarta bisa berjalan dengan baik," paparnya. 

Anies menambahkan, sudah menjadi komitmen baginya terlebih dahulu menyelesaikan tugas di DKI Jakarta. Terlebih, segala hal terkait program bagi Jakarta yang dicanangkan.  "Karena inilah komitmen utamanya, dan kami berharap ini semua nantinya program-program di Jakarta bisa tuntas," tuturnya.  

Seperti diketahui, Partai NasDem merekomendasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi bakal calon presiden (Bacapres) pada Pilpres 2024.

Rekomendasi hasil rakernas itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum Surya Paloh, Jumat (17/6/2022). Nama-nama itu berasal dari usulan para kader NasDem yang hadir di Rakernas selama tiga hari yakni 15, 16, 17 Juni.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut