get app
inews
Aa Read Next : Waspada! 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Hati-hati, Penyakit Sepele Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker dan Serangan Stroke

Senin, 20 Juni 2022 | 10:30 WIB
header img
Sakit kepala sebelah atau migrain bisa memicu kanker hingga stroke.(Foto:Mens Healt)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Migran terdengar sangat sepele dan umum dialami banyak orang. Namun siapa sangka, sakit kepala sebelah ini bisa jadi gejala atau memicu serangan stroke yang notabene mematikan.

Migrain ini menjadi sorotan setelah mantan personel girl band Cherrybelle Sarwendah menjalani operasi. Ternyata, istri dari presenter Ruben Onsu itu selama ini mengeluhkan sakit kepala sebelah, penyakit yang sudah dideritanya sejak lama. 

Melalui channel YouTube The Onsu Family, ibu tiga anak itu diketahui harus menjalani operasi usai melakukan pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Namun belum diketahui pasti penyakit yang diderita ibu dua anak itu.

"Dalam proses MRI dan beberapa proses yang lainnya, Sarwendah terkena salah satu penyakit langka. Jadi ada penyakit di batang otaknya," ucap Ruben Onsu dalam sebuah acara talkshow di stasiun televisi swasta. 

Menanggapi hal tersebut, influencer Kesehatan, dr Muhamad Fajri Adda'i mengungkapkan bisa saja migrain menyebabkan gangguan pada batang otak

"Bahayanya, bila sudah menyerang batang otak bisa terjadi gangguan napas, berdebar, memicu kanker, hingga stroke. Sebab batang otak biasanya tempatnya sempit, pusat refleks napas, pusat refleks jantung dan sebagainya," kata Fajri kepada MNC Portal, Minggu (19/6/2022). 

Dokter Fajri menjelaskan pusat otak yang ada di kepala kita itu terdiri dari banyak saraf melewati batang otak. Melalui saluran tertentu, saraf otak ini dapat menyalurkan darah ke semua organ vital di tubuh. 

"Misalnya kita (lagi) berpikir, pusat otak kita ada di tengah, nah kabelnya (saraf) lewat batang otak. Kabel ada yang ke otak, tangan, jantung, perut, dan anus. Kalau ditanya (menyebabkan stroke), ya bisa potensinya ada," ujarnya.  

Ketika sudah mengalami kondisi seperti ini memang lebih baik untuk langsung memeriksa ke dokter dan dilakukan tindakan lebih lanjut agar penyakit tidak semakin parah.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut