get app
inews
Aa Read Next : Anak-Anak Rentan Terkena Kanker Leukimia, Orang Tua Wajib Waspada

Waspada! 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Kamis, 07 Maret 2024 | 12:52 WIB
header img
Lima kebiasaan buruk yang berpotensi meningkatkan risiko terkena kanker. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hingga saat ini, kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi setiap individu untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit ini.

Tetapi, terkadang tanpa disadari, kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang meningkatkan risiko terkena kanker. Hal ini dapat membuat seseorang terserang kanker tiba-tiba dan menyesal di kemudian hari.

Untuk mencegah penyesalan tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa saja yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Dikutip dari Times Of India, Kamis (7/3/2024), berikut adalah kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kanker.

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis Berlebihan

Mengonsumsi makanan tinggi gula seperti minuman manis, permen, dan makanan ringan olahan, telah terkait dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, serta beberapa jenis kanker. 

Kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, peradangan kronis, dan peningkatan kadar insulin, yang semuanya dapat meningkatkan risiko kanker.

Selain itu, makanan manis juga berkontribusi pada peningkatan berat badan dan obesitas, yang merupakan faktor risiko untuk beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kolorektal, dan pankreas.

2. Kurang Mengonsumsi Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, gandum, dan gandum utuh mengandung serat, vitamin, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Biji-bijian utuh membantu mengatur gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menyediakan nutrisi penting yang dapat mengurangi risiko kanker. Diet rendah biji-bijian utuh telah terkait dengan peningkatan risiko kanker tertentu, terutama kanker kolorektal.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut