get app
inews
Aa Read Next : Waspada! 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Rutin Minum Teh Tanpa Gula Ternyata Bisa Mencegah Kanker dan Bikin Awet Muda

Selasa, 05 Juli 2022 | 12:00 WIB
header img
Minum teh tanpa gula memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh. (foto: ist/ceylonteaworld)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, segelas teh menjadi minuman wajib pada pagi hari. Namun tahukah Anda, teh ternyata memiliki khasiat penting bagi kesehatan.

Khasiat itu tentu saja bisa diperoleh tubuh jika mengonsumsi teh tanpa campuran bahan lain khususnya gula. Penambahan pemanis justru akan menurunkan bahkan menghilangkan khasiat teh.

Bahkan, jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu peningkatan kadar gula dalam darah, kerusakan gigi, dan obesitas. Karena itu, sangat disarankan mengomsumsi teh tanpa meski rasanya agak pahit. 

Berikut khasiat minum teh tanpa gula: 

1.Meredakan Kecemasan 

Minum teh bisa membuat orang lebih rileks. Hal ini dikarekana teh mengandung L-theanin yang dapat meredakan rasa cemas atau emosi-emosi lain yang berlebihan. 
Dengan demikian, stres dapat diredakan dengan rutin minum teh tanpa gula. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa memilih teh hijau atau teh hitam.

2.Mencegah Penuaan 

Semakin bertambah usia, tubuh akan mengalami kerusakan oksidatif, seperti kehilangan elastisitas kulit sehingga akan muncul garis-garis halus. Namun kerusakan oksidatif pada tubuh tersebut bisa dicegah, salah satunya dengan rutin mengonsumsi teh. Maka dari itu, konsumsi teh setidaknya satu kali sehari untuk mencegah penuaan pada tubuh. 

3.Mencegah Diabetes 

Di dalam teh, terdapat kandungan polifenol yang berguna untuk meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh. Dengan demikian, kadar gula dalam darah dapat dikendalikan dengan baik. Imbasnya, seseorang yang mengonsumsi teh secara rutin dapat terhindar dari risiko penyakit diabetes. Khasiat tersebut diketahui banyak ditemukan pada teh oolong tanpa gula.

 4.Menurunkan Kadar kolesterol 

Teh memiliki kandungan yang dapat melunturkan kadar lemak jahat (LDL) dan trigliserida saat seseorang berolahraga. Kadar lemak jahat dan trigliserida inilah yang menjadi pemicu meningkatkanya kolestrol dalam tubuh. 

Dengan begitu, teh dapat menurunkan kolesterol seseorang yang imbasnya dapat mencegah berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke. Teh bahkan dapat melakukan detoksifikasi yang bisa membersihkan tubuh dari berbagai racun. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa rutin mengonsumsi teh hitam tawar.

5.Mencegah Risiko kanker 

Selain memiliki kandungan polifenol, teh juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh karena radikal bebas. Padahal, radikal bebas dapat menjadi pemicu munculnya sel abnormal dan sel kanker. Oleh sebab itu, mengonsumsi teh tawar secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kanker. 

6.Mengobati Diare 

Perlu diketahui bahwa teh mengandung banyak zat baik bagi tubuh. Zat tanin di dalam teh bahkan bisa memberikan efek astringen pada tubuh. Dengan adanya efek astringen inilah, kadar air dalam feses yang menjadi pemicu tingginya frekuensi buang air besar dapat dikurangi. 

Diare pun dapat diatasi dengan minum teh tanpa gula.  Nah, itulah sederet khasiat minum teh tanpa gula. Anda bisa mulai mengonsumsi teh tawar sekarang juga untuk mendapatkan berbagai manfaat darinya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut