get app
inews
Aa Read Next : Duh! Jumlah Penderita Diabetes di Indonesia Tertinggi ke-4 di Dunia

Batasi Konsumsi Seafood Jenis Ini, Bisa Memicu Penyakit Diabetes

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:04 WIB
header img
Kerang bisa memicu penyakit diabetes tipe 2. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Makanan laut memang menyehatkan. Namun siapa sangka, ada jenis seafood yang jika sering dikonsumsi justru menjadi pemicu diabetes tipe 2.

Sekadar diketahui, diabetes tipe 2 adalah kondisi ketika kadar gula darah melebihi normal akibat resistensi insulin. Penyakit ini paling umum terjadi dan lebih sering dialami oleh orang dewasa.

Akibatnya, tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau menolak insulin. Gejala umumnya berupa rasa haus meningkat, sering buang air kecil, lapar, lelah, dan penglihatan kabur. Bahkan, pada beberapa kasus, tidak ada gejala.

Rupanya, penyakit diabetes tipe 2 ini bisa dipicu dari konsumsi seafood secara berlebihan. Salah satunya adalah kerang. Dilansir dari Express, Rabu (29/6/2022) tim peneliti mencatat mengonsumsi satu atau lebih kerang per hari, bisa meningkatkan risiko diabetes sebesar 25 persen dibanding yang mengonsumsi ikan putih.

Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa pria dan wanita yang makan kerang dalam jumlah yang sama, terutama udang, kepiting, dan remis memiliki sekitar 36 persen peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, bukan kerang itu sendiri yang meningkatkan risiko diabetes. Sebaliknya, metode memasak dan persiapan yang digunakan, misalnya, minyak yang digunakan saat menggoreng atau saus berbasis mentega dan mayones yang disajikan dengan kerang, dapat meningkatkan asupan kolesterol yang, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko diabetes. 

Kerang, seperti udang, mengandung kadar kolesterol tinggi. Jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, kadar kolesterol dapat naik dan mempengaruhi gula darah Anda secara langsung. Kolesterol tinggi berbahaya bagi tubuh. 

Kolesterol tinggi dapat berisiko mengembangkan penyakit kronis lainnya, termasuk penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, saya sarankan untuk mengurangi asupan karena konsumsi terbatas lebih baik untuk diabetes. 

Perlu juga dicatat bahwa ikan adalah sumber protein yang baik, yang menyediakan sebagian dari kebutuhan energi Anda, dan omega 3 dapat membantu kesehatan jantung. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut