get app
inews
Aa Read Next : Simak! 7 Sayuran Sehat Ini Pantang Dikonsumsi Penderita Diabetes

Duh! Jumlah Penderita Diabetes di Indonesia Tertinggi ke-4 di Dunia

Senin, 13 November 2023 | 11:36 WIB
header img
Jumlah penderita diabetes di Indonesia tertinggi ke 4 di dunia. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jumlah penderita penyakit diabetes ternyata menduduki peringkat 4 terbanyak di dunia. Mayoritas merupakan penyakit diabetes tipe 2.

Hal tersebut diungkapkan dr Farid Kurniawan dari Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM-FKUI. Menurutnya, mayoritas penyakit diabestes di Indonesia tiak terdiagnosis.

"Jumlah penderita penyakit diabetes di Indonesia menempati peringkat keempat terbanyak di dunia. Sebagian besar penyandang diabetes tersebut tidak terdiagnosis,” ungkapnya dalam kampanye #Hands4Diabetes2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Dia menjelaskan, sekitar 90% dari kasus yang ada merupakan diabetes tipe 2. Penyakit ini terjadi akibat gaya hidup tidak sehat akibat kurangnya aktivitas fisik atau pola makan tidak sehat. 

"Di seluruh dunia, ada lebih dari 500 juta orang berusia 20-79 tahun menderita diabetes. Angka ini diperkirakan terus naik hingga mencapai hampir 650 juta di tahun 2030,” ujarnya.

Untuk menghindari penyakit diabetes, ada sejumlah cara yang bisa ditempuh. Simak ulasan berikut ini:

1. Hindari Makanan Tinggi Gula dan Lemak 

Makanan jenis ini cenderung tinggi kalori sehingga dapat menyebabkan diabetes. Karena itu sangat penting untuk menjaga asupan makanan jenis ini.

"Membatasi asupan gula, garam, dan lemak sebagai bagian dari pola makan sehat menjadi salah satu cara menghindari diabetes. Termasuk aktif bergerak seperti senam bersama yang kita lakukan hari ini,” kata Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut