get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Polres Bontang Pantau Pedagang Hewan Kurban

Senin, 04 Juli 2022 | 16:00 WIB
header img
Polisi melakukan pemantauan hewan ternak sebagai langkah pencegahan penyakit PMK di Kota Bontang. (foto: humas)

BONTANG, iNewsKutai.id –  Menjelang hari raya Idul Adha 1443 H, Polres Bontang melakukan pemantauan hewan ternak sebagai pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Bontang

Polisi mendatangi sejumlah pedagang sapi dan melakukan pemeriksaan fisik serta sosialisasi, Senin (04/7/2022 ). Kegiatan in  dipimpin langsung oleh  KBO Sat Binmas Polres Bontang Iptu Bejo Hariyanto.

Kaplres Bontang AKBP Hamam Wahyudi melalui Kasat Binmas AKP Jimun SH mengatakan kegiatan monitoring dan pengecekan ini  dilakukan untuk mencegah adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi.

“Saat patroli kami menyambangi sejumlah peternakan dan pedagang sapi  yang ada di kota Bontang. Untuk memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku yang terjadi,” kata Kasat Binmas AKP Jimun.

Dari hasil pemantauan, di sejumlah peternak dan pedagang sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku. Namun demikian, pihaknya mengimbau peterna dan warga untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak sapi maupun kambing.

“Kami imbau pemilik maupun pedagang  sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor,” ujarnya.

Selain itu, untuk melakukan deteksi dini, pihaknya melibatkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan monitoring dan memantau peternakan maupun pedagang sapi di wilayah binaan masing-masing.

"Diharapkan dengan pemantauan rutin ini, hewan kurban seluruhnya dalam keadaan sehat dan aman untuk dikonsumsi di hari raya nanti," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut