get app
inews
Aa Read Next : Starlink Bakal Jadi Penyedia Layanan Internet di IKN Nusantara, Uji Coba Mei 2024

Starlink Masuk Indonesia Tahun Depan, Ini Kelebihan Internet Satelit Milik Elon Musk

Rabu, 06 Juli 2022 | 10:10 WIB
header img
Ilustrasi jaringan internet yang dilayani Starlink. (Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penyedia layan internet, Starlink akan masuk Indonesia pada 2023 mendatang. Satelit milik orang terkaya di dunia, Elon Musk tersebut sudah mendapatkan Hak Labuh satelit khusus non-geostasioner atau NGSO Starlink dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat). 

Juru bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengungkapkan, Hak Labuh ini hanya berlaku bagi layanan backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tertutup Telkomsel. Perusahaan yang menaungi Starlink, SpaceX tidak akan memberikan layanan akses internet secara langsung  kepada pelanggan. 

Lalu apa kelebihan Starlink dibanding penyedia jaringan internet lainnya? Keunggulan utama Starlink adalah menyediakan sistem komunikasi internet berbasis satelit ke berbagai wilayah di bumi. Dalam laman resminya, Starlink mengklaim bahwa satelit ini dapat menyediakan internet broadband berkecepatan tinggi dengan latensi rendah di seluruh dunia. 

Dengan pengalamannya dalam membangun roket dan pesawat ruang angkasa, SpaceX menerapkan sistem internet broadband tercanggih di dunia ini. Starlink mulai diumumkan kehadirannya pada Januari 2015 seiring dengan dibukanya fasilitas pengembangan SpaceX di Redmond, Washington, Amerika Serikat. 

Sementara itu, prototipe Starlink kemudian diluncurkan untuk pertama kalinya sejak 2018. Namun, menurut laporan CNET, Starlink sendiri mulai gencar mengembangkan layanannya sejak 2021. Sejak saat itu, SpaceX mengerahkan ribuan satelit Starlink ke orbit rendah. Hingga saat ini, total satelit Starlink sudah lebih dari 2.000 satelit yang telah mengorbit.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut