get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 6 Sesuai Anjuran Rasulullah

Serai Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Begini Cara Konsumsinya

Rabu, 06 Juli 2022 | 13:00 WIB
header img
Kolesterol tinggi bisa turun dengan mengonsumsi serai. (Foto/Sunny College of Optometry)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Menurunkan kolesterol tidak harus dengan obat-obatan medis. Di sekitar kita, banyak tumbuhan herbal yang ampuh menurunkan penyakit yang bisa memicu stroke dan serangan jantung tersebut.

Salah satunya adalah serai. Tanaman ini biasanya lebih dikenal untuk bumbu dapur. Namun siapa sangka, banyak kegunaan obat di dalamnya. Salah satunya menurunkan kolesterol karena serai memiliki sifat anti-inflamasi. 

Sekadar diketahui, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Zat ini dibutuhkan tubuh membangun sel-sel yang sehat. Namun jika jumlahnya berlebih, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Dilansir dari The Health Side, Selasa (5/7/2022), peneliti Brasil menemukan bahwa asupan serai bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi tersebut dilakukan pada tikus. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology pada 2011 itu mengungkapkan jika tikus laboratorium diberi minyak esensial serai selama 21 hari (100 mg/kg). Tikus kemudian diamati dan diketahui bahwa kolesterol dalam darahnya berkurang dan tidak mengalami efek samping. 

Kesimpulan ini yang menjadi dasar jika serai ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah manusia. Agar bisa berkhasiat obat, mengonsumsi serai dilakukan dengan merendamnya di air hangat. Air rendaman tersebut kemudian bisa diminum secara rutin setiap pagi bersamaan dengan sarapan.

Dan tidak boleh dilupakan, konsumsi rutin serai harus disertai dengan diet sehat, olahraga teratur, dan mengurangi stress agar kolesterol lebih gampang terkontrol.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut