Logo Network
Network

Khasiat Rahasia Buah Kurma, Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Kevi Laras
.
Sabtu, 02 Juli 2022 | 07:37 WIB
Khasiat Rahasia Buah Kurma, Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
Buah kurma memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Buah kurma selama ini hanya dikenal sebagai makanan untuk berbuka puasa. Ternyata buah ini menyimpan khasiat rahasia untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Kurma memang tidak terlihat menarik dibanding buah-buahan lainnya. Meski demikian, buah yang tumbuh subur di daerah gurun pasir ini memiliki citarasa manis sehingga cocok untuk menu berbuka puasa.

Dikutip dari Live Strong, di balik rasanya yang manis dan tampilan kurang menariknya, kurma ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan buah tersebut mengandung lebih banyak kalori daripada kebanyakan buah lainnya. 
Agar berkhasiat menurunkan kolesterol dan mempertahankan berat badan yang sehat, bisa mengonsumsi hanya satu atau dua kurma setiap kali duduk. 

"Kurma memang menyediakan serat makanan 1,6 gram per kurma pernah didengar membantu mengurangi kolesterol dalam darah," keterangan livestrong, dikutip Jumat (1/07/2022). 

Sementara hasil penelitian diterbitkan pada tahun 2008, serat yang terdapat dalam kurma adalah serat larut utama. Dapat mengikat lemak dan kolesterol. Serat adalah nutrisi penting dalam makanan dapat menurunkan tingkat kolesterol, mencegah penyakit jantung, kanker kolorektal, dan mencegah obesitas (kegemukan). 

Dalam kebutuhan, buah kurma adalah sumber serat sangat baik. Ternyata ukuran sedang kurma, mengandung hingga 1,6 gr serat atau setara dengan 6% dari kebutuhan serat harian. Disebutkan data dari U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram kurma mengandung 277 kalori energi, Lemak 0 gram, Protein 1,81 gram, Karbohidrat 75 gram, Serat 6,7 gram, Glukosa 33,7 gram, Kalsium 64 mg,  Magnesium 54 mg, dan  Fosfor 62 mg.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.