get app
inews
Aa Read Next : Penting Dibaca Wanita! Ini Cara Mencegah Kanker Payudara

Hati-hati, Nyeri Payudara Berulang Bisa Pertanda Penyakit Berbahaya

Kamis, 07 Juli 2022 | 12:57 WIB
header img
Ilustrasi nyeri di payudara. (Foto: timesofindia)

JAKARTA, iNewsKutai.id  - Nyeri payudara pada perempuan adalah hal yang biasa. Biasanya dipicu ketidakstabilan hormon. Namun, jika intensitasnya lebih sering dan di luar siklus haid, ada baiknya untuk waspada.

Umumnya, nyeri payudara akan terasa pada tiga hingga lima hari sebelum awal periode menstruasi. Penyebabnya karena peningkatan estrogen dan progesteron tepat sebelum menstruasi. Hormon-hormon itulah yang menyebabkan payudara membengkak dan dapat menyebabkan nyeri.

Gejala ini biasanya berhenti setelah menstruasi di hari pertama. Namun jika rasa sakit muncul di luar periode tersebut dan intensitasnya lebih sering, ada baiknya untuk waspada. Lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

Berikut penyebab nyeri payudara di luar siklus haid, seperti dirangkum dari Hopkins Medicine, Kamis (7/7/2022).

1. Cedera payudara

Seperti bagian tubuh lainnya, payudara juga bisa terluka atau cedera. Ini bisa terjadi karena kecelakaan, misalnya saat berolahraga atau dari operasi payudara. Ketika ini terjadi, Anda  mungkin merasakan sakit yang tajam dan menusuk. Kunjungi dokter bila Anda merasakan pembengkakan yang parah, benjolan di payudara, kemerahan, dan memar yang tak kunjung hilang.

2. Hamil dan menyusui

Hamil dan menyusui juga bisa menjadi penyebab nyeri payudara di luar siklus haid. Jangan panik bila payudara nyeri saat menyusui. Sebaiknya, coba bicarakan dengan dokter atau konsultan laktasi Anda. Mereka dapat membantu Anda memecahkan masalah sambil mempertahankan suplai ASI Anda.

3. Mastitis

Penyebab lainnya yakni mastitis atau infeksi payudara. Ada beberapa gejala mastitis yang perlu Anda waspadai. Mulai dari demam, sakit pada salah satu payudara, kemerahan, dan mengalami pembengkakan.

4. Kista payudara

Bila Anda mengalami nyeri payudara di luar siklus haid dan juga memiliki  benjolan lunak, kemungkinan itu adalah kista. Benjolan biasanya berisi cairan dan tidak berbahaya sehingga seringkali tidak perlu diobati karena dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi, penting untuk memeriksakan benjolan di payudara tersebut ke dokter Anda.

5. Kanker payudara inflamasi

Nyeri payudara di luar siklus haid terkadang juga bisa menjadi tanda kanker payudara. Kanker payudara inflamasi sering menyebabkan rasa sakit tetapi ini jarang terjadi. Gejalanya meliputi payudara merah atau berubah warna, bengkak, dan menyakitkan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut