get app
inews
Aa Read Next : Kaum Wanita Wajib Baca! Ini Daftar 13 Kosmetik Berbahaya yang Dijual Bebas, Bisa Memicu Kanker

5 Gejala Kanker Payudara, Waspada Jika Sering Nyeri dan Ukuran Berubah

Rabu, 08 Februari 2023 | 12:29 WIB
header img
5 gejala kanker payudara yang patut diwaspadai kaum perempuan. (Foto: ilustrasi/timesofindia)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kanker payudara menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia bahkan di dunia. Untuk meminimalisir hal tersebut, penting bagi kaum perempuan untuk mengenali gejala kanker payudara.

Kanker payudara terbentuk di sel-sel jaringan payudara dan bisa menyebar dengan cepat. Jika tidak terdeteksi sejak dini, penyebarannya akan sulit dihentikan hingga menjangkiti jaringan lain dan organ dalam tubuh.

Dikutip dari Healthline, Rabu (8/1/2023), ada sejumlah gejala yang bisa menjadi pertanda potensi kanker payudara. Berikut beberapa gejala kanker payudara yang patut diwaspadai.

1. Rasa Nyeri di Payudara

Gejala pertama adalah munculnya rasa nyeri di payudara. Hal ini terjadi karena benjolan akibat pertumbuhan sel kanker sudah menekan saraf. Kanker payudara jenis ini disebut kanker payudara inflamasi. 

Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri disertai disertai sensasi seperti terbakar pada payudara. Tak hanya itu, area sekitar yang terkena juga akan mengalami pembengkakan dan merah.

2. Perubahan pada Puting 

Gejala berikutnya adalah perubahan pada puting mulai dari bentuk, ukuran, atau warna puting. Meski tidak selamanya berbahaya, namun jika puting yang tiba-tiba berubah warna, bisa jadi merupakan tanda kanker payudara. 

Perubahan akan ditandai dengan munculnya ruam, puting menjadi gatal, hingga warna puting yang berubah menjadi ungu atau kemerahan. Selain itu, puting juga bisa mengeluarkan cairan, tetapi bukan asi. Cairan tersebut bisa bening, seperti susu, bahkan bisa juga berlumuran darah. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut