get app
inews
Aa Read Next : Kaum Wanita Wajib Baca! Ini Daftar 13 Kosmetik Berbahaya yang Dijual Bebas, Bisa Memicu Kanker

Keseringan Mengecat Rambut Bikin Wanita Ini Terkena Kanker Darah, Kok Bisa?

Minggu, 09 Oktober 2022 | 08:04 WIB
header img
Seorang wanita mengaku terkena kanker darah karena keseringan mengecat rambut. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Viral pengakuan seorang wanita yang mengaku terkena leukimia atau kanker darah gara-gara keseringan mengecat rambut. Padahal, sebelumnya perempuan berusia 23 tahun itu memiliki riwayat penyakit serius.

Pengakuan itu disampaikan melalui akun TikTok @yayaeuyyyy, Selasa (27/9/2022). Dia menyebut dirinya kini harus berjuang mengidap Leukemia. Menurutnya, penyakit mematikan itu dideritanya karena kebiasannya mengubah warna rambut dan melakukan bleaching rambut berkali-kali sejak 2020 silam. 

"Gak pernah sakit-sakitan selama 23 tahun. Sekalinya sakit didiagnosa Leukemia karena sering ganti-ganti warna rambut," ujar wanita yang diketahui bernama Nanda itu.

Meski masih sebatas klaim, namun mewarnai rambut dengan intentisitas tidak terkontrol bisa menjadi pemicu kanker. Dirangkum dari berbagai sumber, hal ini tidak lepas dari kandungan pewarna rambut yang notabene merupakan bahan kimia.

National Cancer Institute menyebut, pewarna rambut mengandung lebih dari 5.000 macam zat kimia. Beberapa di antaranya dapat menjadi penyebab kanker saat diujicoba pada binatang. 

Mewarnai rambut dengan menggunakan bahan kimia saja sudah bisa menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi. Apalagi ditambah dengan melakukan proses bleaching sebelumnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut