get app
inews
Aa Read Next : Kolam Eks Galian Tambang di Kaltim sudah Telan 51 Jiwa, Mayoritas Anak-Anak

Kaltim Kekurangan Tenaga Psikolog untuk Konseling Korban Bencana

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:48 WIB
header img
Ilustrasi Kaltim kekurangan tenaga psikolog untuk pemulihan trauma. (Foto: thebalance)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim kekurangan tenaga psikolog untuk penanganan korban bencana alam maupun masalah sosial. Padahal, keahlian mereka sangat dibutuhkan untuk pemulihan trauma.

Kepala Dinas Sosial Kaltim M Agus Hari Kesuma mengatakan, psikolog memegang peranan penting dalam keberlangsungan dan kestabilan mental korban bencana alam atau korban masalah sosial.

Dia mengaku, Dinas Sosial saat ini membutuhkan dukungan tenaga psikolog untuk memudahkan pemerintah daerah menangani korban bencana maupun korban asusila hingga masyarakat terlantar.

"Tenaga Psikologi ini penting. Sangat diperlukan. Mulai untuk pelaksanaan Tagana, panti jompo, panti anak hingga mereka yang terlantar," ujarnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Senin (11/7/2022).

Selain ASN dari sarjana psikologi, pegawai honorer menjadi solusi dari pengadaan tenaga psikolog. Menurut dia, aturan pemerintah yang menghapus pegawai non ASN menjadi kabar buruk dalam penyediaan tenaga psikolog. Bahkan, tambah Agus, tahun ini Dinas Sosial menerima tenaga honor lulusan psikologi. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut