get app
inews
Aa Read Next : Habib Bahar bin Smith Ditembak OTK, Polres Bogor Bentuk Tim Penyelidikan

Cerita Habib Bahar bin Smith Debat Sengit Abu Bakar Baasyir, Dituduh Thogut

Jum'at, 22 Juli 2022 | 09:01 WIB
header img
Habib Bahar bin Ali bin Smith dituduh thogut oleh Abu Bakar Baasyir.(Foto:Dok MPI)

BANDUNG, iNewsKutai.id - Habib Bahar bin Smith ternyata pernah debat sengit dengan Abu Bakar Baasyir soal terorisme. Pendiri Pondok Pesantren Ngruk bahkan menuding Habib Bahar sebagai thogut dan harus diperangi.

Cerita itu terungkap dalam sidang kasus dugaan penyebaran kabar bohong atau hoaks yang menjerat terdakwa Tatang Rustandi digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (21/7/2022). 

Habib Bahar bin Smith hadir sebagai saksi. Dalam sidang dia menceritakan jika perdebatan dengan Abu Bakar Baasyir terjadi di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Debat terjadi karena pria yang identik dengan rambut gondrong pirang itu menentang aksi-aksi terorisme dan pelaku menganggap Indonesia sebagai negara thogut. 

Padahal, sambungnya, orang salah paham memaknai arti thogut. Dalam keilmuan dan pemahaman Habib Bahar, tentang Islam, thogut itu memiliki arti teroris. Karena itu, dia sangat menentang dan mengutuk pelaku pengeboman gereja atau apapun.

Dari situ lah, Habib Bahar berdebat dengan Abu Bakar Ba'asyir. Dalam perdebatan dengan Abu Bakar Baasyir, pendiri Pondok Pesantren Ngruki, Solo tersebut, Habib Bahar dikakatan sebagai thogut karena menyatakan NKRI dan Pancasila sebagai harga mati.  

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut