get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Anggota Marinir Sertu Ismunandar Gugur Tertembak KKB di Puncak Jaya

6 Orang Diduga Intel Asing Diamankan Marinir, Foto-foto di Handphone Bikin Kaget

Jum'at, 22 Juli 2022 | 12:25 WIB
header img
Enam orang yang diduga intel asing berhasil diamankan pasukan Marinir di Pulau Sebatik, kalimantan Utara. (foto: tni al)

NUNUKAN, iNewsKutai.id - Enam orang diduga intel asing berhasil diamankan Satgas Marinir Ambalat XXVIII TNI Angkatan Laut (AL) BKO Guspurla Koarmada II di perbatasan Indonesia-Malaysia. Saat diperiksa, isi galery ponsel mereka bikin kaget.

Foto-foto yang ada di dalam ponsel pintar yang disita menunjukkan kegiatan spionase. Mereka ditangkap di Pos Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.  

Dari enam orang yang ditangkap, tiga orang merupakan warga negara asing dan tiga warga negara Indonesia. Ketiga WNI berinisial EW 23 tahun, TR 40 tahun dan YY 40 tahun. Sedangkan tiga WNA berinisial LS 40 tahun, HK 40 tahun dan BJ 45 tahun.

Komandan Pos Sei Pancang Lettu Mar Victor Aji Hersanto menjelaskan, penangkapan bermula ketika prajurit jaga Pos Sei Pancang Kopda Mar Mochamad Arif curiga dengan kendaraan Avanza warna hitam akan melintasi di depan Pos.

Kendaraan tersebut kemudian diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan terhadap orang, dokumen dan barang. Saat itu diketahui di dalam mobil ada enam orang termasuk pengemudi tanpa membawa barang.

Dia menuturkan, setelah diketahui terdapat warga asing, selanjutnya penumpang dan pengemudi diarahkan untuk turun untuk diperiksa lanjutan di dalam pos. Dia kemudian memeriksa  kelengkapan dokumen dan handphone (HP) milik WNA tersebut.  

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut