Logo Network
Network

Fantastis, Dana Santunan Kecelakaan Lion Air yang Digelapkan Petinggi ACT Ternyata Rp107 Miliar

Bachtiar Rojab
.
Senin, 08 Agustus 2022 | 15:42 WIB
Fantastis, Dana Santunan Kecelakaan Lion Air yang Digelapkan Petinggi ACT Ternyata Rp107 Miliar
Dana korban kecelakaan Lion Air yang digelapkan ACT mencapai Rp107 miliar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Dana santunan korban kecelakaan pesawat Lion Air yang digelapkan petinggi Aksi Cepat Tanggap (ACT) ternyata melebihi perkiraan. Hasil audit terbaru mengungkap fakta jika uang yang dinikmati para tersangka mencapai Rp107 miliar.

Sebelumnya, Polri menyebut temuan awal dana yang diselewengkan oleh lembaga filantropi dari Boeing sekitar Rp68 miliar.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Kombes Nurul Azizah mengatakan, berdasarkan hasil tim pendalaman tim penyidik, uang yang diselewengkan oleh ACT bertambah menjadi Rp107,3 miliar. 

“Dari hasil pendalaman Penyidik Bareskrim Polri dan Tim Audit bahwa Dana Sosial Boeing yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya diduga sebesar Rp107,3 miliar,” ujar Nurul di Gedung Humas, Senin (8/8/2022).

Nurul menambahkan, terdapat fakta baru terkait penyelewengan dana ACT, bahwa uang yang digunakan untuk dana sosial pembangunan sarana sosial hanya sekitar Rp30 miliar.

“Didapati fakta juga bahwa ternyata Dana Sosial Boeing yang digunakan untuk kegiatan pembangunan sarana sosial sesuai proposal ahli waris, berdasarkan hasil audit diduga hanya sebesar Rp30,8 miliar,” ujarnya.

Sebelumnya, Polri memutakhirkan jumlah dana dari Boeing yang diduga diselewengkan oleh lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT). Angka itu terungkap setelah adanya temuan audit keuangan.

"Hasil sementara temuan dari tim audit keuangan (akuntan publik) bahwa Dana Sosial Boeing yang digunakan tidak sesuai peruntukannya oleh Yayasan ACT sebesar Rp68 miliar," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah, Rabu (3/7/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini