get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Menanti Pembuktian Shin Tae-yong

Kualifikasi Piala Asia U-20 Timnas Indonesia U-19 vs Timor Leste, Shin Tae-yong Ogah Remehkan Lawan

Rabu, 14 September 2022 | 12:24 WIB
header img
Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong bersama pelatih Timor Leste Gopalkrishnan A S Ramasamy sebelum bentrok pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023, malam ini. (foto: pssi)

SURABAYA, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia U-19 akan melakoni laga perdana kualifikasi Piala Asia U-20 melawan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam ini. Pelatih Shin Tae-yong pun enggan meremehkan calon lawannya itu. 

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangannya meraih tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023 malam ini. Skuad Garuda Nusantara tergabung di Grup F. Selain Timor Leste, Indonesia juga akan menghadapi Vietnam dan Hong Kong.

Sesuai regulasi, hanya juara grup yang berhak lolos otomatis ke putaran final. Sementara, tim yang menempati peringkat dua grup, masih berpeluang lolos melalui mekanisme lima runner up terbaik.

Untuk itu, timnas Indonesia wajib menyapu bersih tiga laga jika ingin bermain di putaran final. Hal itu bisa dimulai malam ini saat menghadapi Timor Leste. Jika menilik tiga calon lawan, negara eks Timor Timur itu adalah tim yang paling lemah dibandingkan Vietnam dan Hong Kong.

Laga kontra Timor Leste menjadi kesempatan emas Marselino Ferdinan dkk untuk meraih angka penuh sekaligus mendulang gol sebanyak-banyaknya. Peluang tersebut terbuka lebar mengingat Indonesia akan bermain di bawah dukungan penuh suporter yang akan meneror lawan.

Selain itu, timnas U-19 selama ini cukup superior atas Timor Leste. Tidak heran, kepak sayap Garuda Muda diharapkan melambung tinggi dalam laga nanti. Namun, meski diunggulkan, pelatih Shin Tae-yong meminta anak asuhnya tidak jemawa.

Alasannya, permainan Timor Leste terus menunjukkan grafik peningkatan di bawah pelatih asal Malaysia Gopalkrishnan AS Ramasamy. Dia mewaspadai kejutan yang berpotensi diberikan tim lawan.

"Saya telah menonton pertandingan mereka di Piala AFF U-19 2022 dan penampilan mereka semakin baik. Pemain tidak boleh lengah karena semua bisa terjadi dalam sepak bola. Kami tidak boleh meremehkan siapapun," tegas Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI, Rabu (14/9/2022).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku sudah mewanti-wanti anak asuhnya untuk tetap fokus dan tidak lengah dengan lawan. Dia pun memastikan seluruh pemainnya sudah siap tempur.

"Seluruh pemain akan bermain maksimal demi lolos ke Piala Asia U-20. Secara umum tim berkembang dengan baik dan sangat siap bersaing dengan tiga tim lainnya," pungkasnya.

Sementara, pelatih Timor Leste Gopalkrishnan A S Ramasamy mengatakan jika tidak memilik strategi khusus untuk laga nanti. Meski demikian, dia berjanji akan memberikan penampilan terbaik agar pertandingan menarik dan seru.

"Melawan Indonesia selalu sarat akan emosi dan bisa berjalan dengan tensi tinggi. Pemain sudah ditekankan untuk fokus dan tidak terbawa emosi," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut