Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam: Amankan Tiket ke Putaran Final Piala Asia U-20!

Abriandi
.
Minggu, 18 September 2022 | 14:25 WIB
Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Vietnam pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, malam ini. (foto: : pssi)

SURABAYA, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia U-19 akan ditantang Vietnam pada laga pamungkas Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (18/9/2022) malam. Ini akan menjadi laga penentu tim yang akan lolos otomatis ke putaran final.

Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam memiliki peluang sama untuk lolos ke putaran final. Kedua tim masing-masing mengoleksi enam hasil dua kali menang atas Timor Leste dan Hong Kong.

Di papan klasemen, skuad Garuda Nusantara masih memimpin berkat keunggulan poin kedislipan setelah selisih gol kedua tim sama. Namun, hal tersebut tidak akan dihitung dalam penentuan tim yang lolos otomatis.

Hanya tim yang memenangkan pertandingan yang berhak melaju ke putaran final. Mengacu pada regulasi AFC, jika laga Indonesia vs Vietnam berakhir imbang pada 90 menit waktu normal, maka laga akan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Ini berpotensi menjadi boomerang bagi timnas Indonesia. Penyebabnya, skuad Garuda Nusantara dipastikan tidak akan dibela kiper utamanya Cahya Supriadi yang diistirahatkan usai mengalami benturan pada laga kontra Hong Kong.

Padahal, penampilan Cahya sejauh ini sangat apik di bawah mistar timnas Indonesia. Dia mencatatkan clean sheet pada dua pertandingan melawan Timor Leste dan Hong Kong. Karena itu, pasukan Shin Tae-yong tidak punya pilihan selain memenangkan laga pada 90 menit pertandingan.

Marselino Ferdinan dkk dituntut untuk tidak buang-buang peluang dalam laga nanti dan menjaga fokus. Apalagi, laga kontra Vietnam ini sarat emosi karena masih terbawa aroma 'konspirasi' di Piala AFF U-19. Saat itu, Vietnam dan Thailand diduga bermain mata sehingga mengakibatkan timnas Indonesia gagal ke semifinal.

Pelatih Shin Tae-yong pun sangat fokus menghadapi laga ini. Dia bahkan mengistirahatkan sejumlah pilar dan melakukan rotasi saat melawan Hong Kong. Hal itu dilakukannya untuk memastikan skuadnya bugar untuk laga melawan Vietnam.

"Saya tidak bisa berbicara banyak untuk melawan Vietnam karena itu strategi. Tapi kami akan berusaha meraih kemenangan," ujarnya, Jumat (17/9//2022) lalu.

Jika skenario lolos otomatis tidak berjalan mulus, timnas Indonesia masih memiliki satu kesempatan yakni melalui jalur runner up terbaik. Saat ini, selisih gol Indonesia dan Vietnam merupakan yang terbaik dari 10 tim runner up.

Editor : Abriandi
Bagikan Artikel Ini