get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati, Hacker Bisa Retas WhatsApp lewat Akun Facebook Modus Tawaran Pekerjaan

10 Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa, Nomor 5 Nyaris Memicu Perang Dunia Ketiga

Kamis, 15 September 2022 | 16:27 WIB
header img
Ilustrasi 0 hacker paling terkenal sepanjang masa. (Foto: Shutterstock).

6. Jeanson James Ancheta

Jeanson James Ancheta tidak tertarik untuk meretas sistem data kartu kredit atau merusak jaringan untuk mewujudkan keadilan sosial. Sebaliknya, Ancheta penasaran dengan penggunaan bot—robot berbasis perangkat lunak yang dapat menginfeksi dan pada akhirnya mengendalikan sistem komputer.

Ia mampu mengkompromikan lebih dari 400.000 komputer pada tahun 2005. Menurut Ars Technica, ia kemudian menyewakan mesin ini kepada perusahaan periklanan dan juga dibayar untuk memasang bot atau adware pada sistem tertentu. 

Ancheta divonis 57 bulan penjara karena tindakannya itu. Itu adalah pertama kalinya seorang hacker dikirim ke penjara karena penggunaan teknologi botnet.

7. Michael Calce

Michael Calce (foto: herald sun)

Pada Februari 2000, Michael Calce yang berusia 15 tahun menemukan cara untuk mengambil alih jaringan komputer universitas. Dia menggunakan sumber daya gabungan mereka untuk mengganggu mesin pencari nomor satu saat itu, Yahoo. 

Dalam satu minggu, hancker yang dikenal berjuluk "Mafiaboy" itu membobol Dell, eBay, CNN, dan Amazon menggunakan serangan distributed-denial-of-service (DDoS) yang membuat server perusahaan kewalahan hingga down.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut