get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati, Hacker Bisa Retas WhatsApp lewat Akun Facebook Modus Tawaran Pekerjaan

10 Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa, Nomor 5 Nyaris Memicu Perang Dunia Ketiga

Kamis, 15 September 2022 | 16:27 WIB
header img
Ilustrasi 0 hacker paling terkenal sepanjang masa. (Foto: Shutterstock).

9. Jonathan James

Jonathan James (foto: wikipedia)

Menggunakan nama samaran comrade, Jonathan James meretas beberapa perusahaan. Menurut New York Times, yang paling menarik adalah peretasannya ke komputer Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada usia 15 tahun saat itu. 

Dalam sebuah wawancara dengan PC Mag, James mengakui bahwa ia sebagian terinspirasi oleh buku The Cuckoo's Egg, yang merinci perburuan peretas komputer pada 1980-an. 

Peretasannya memungkinkan dia untuk mengakses lebih dari 3.000 pesan dari pegawai pemerintah, nama pengguna, kata sandi, dan data sensitif lainnya. James ditangkap pada tahun 2000 dan dijatuhi hukuman enam bulan tahanan rumah dan dilarang menggunakan komputer untuk rekreasi. 

Namun, pelanggaran masa percobaan menyebabkan dia menjalani hukuman enam bulan penjara. Jonathan James menjadi orang termuda yang dihukum karena melanggar undang-undang kejahatan dunia maya. 

Pada 2008, James bunuh diri dengan tembakan. Menurut Daily Mail, catatan bunuh dirinya menyatakan, “Saya tidak percaya pada sistem 'keadilan'. Mungkin tindakan saya hari ini, dan surat ini, akan mengirimkan pesan yang lebih kuat kepada publik. Either way, saya telah kehilangan kendali atas situasi ini, dan ini adalah satu-satunya cara saya untuk mendapatkan kembali kendali.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut