get app
inews
Aa Read Next : Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal di Malaysia, KBRI : Terkena Serangan Jantung

Minggu, 18 September 2022 | 15:44 WIB
header img
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia karena terkena serangan jantung. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia setelah terkena serangan jantung saat dirawat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Hal itu berdasarkan surat kematian yang diterima Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia. Pihak rumah sakit menyebut penyebab kematian Azyumardi yakni acute inferior myocardial infarction. 

“Dalam surat kematian tertulis penyebabnya acute inferior myocardial infarction,” ungkap Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9/2022).

Dalam bahasa medis, acute inferior myocardial infarction biasa disebut serangan jantung akut atau kematian jaringan otot jantung. Disebutkan jika tim dokter sempat melakukan upaya resusitasi sebelum akhirnya Prof Azra menghembuskan nafas terakhir pada pukul 12.30 WITA.  

Istri Prof Azra, Ipah Farihah, bersama putra keduanya sempat menemani di saat akhir beliau. Saat ini keluarga bersama KBRI Kuala Lumpur melakukan penangan jenazah almarhum Prof Azra.  

Seperti diketahui, Prof Azra mendapat perawatan di Rumah Sakit Serdang, Selangor, sejak Jumat (16/9/2022) sore.  Prof Azra hendak menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk hadir dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.  

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz mengatakan Prof Azra akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.  Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Wafat karena Serangan Jantung)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut