get app
inews
Aa Read Next : Kabar Dunia, Aktor Senior Donny Kesuma Meninggal Dunia Usai Dirawat Akibat Penyakit Jantung

Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Selasa, 02 Mei 2023 | 11:42 WIB
header img
Kebiasaan sepele yang bisa mencegah penyakit jantung. (Foto: ilustrasi/The Heart Foundation)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua tertinggi di Indonesia. Penyakit yang tidak mengenal usia ini sangat tergantung pada pola hidup.

Gaya hidup tidak sehat sejak usia muda akan lebih rentan terserang penyakit mematikan ini. Bahkan, banyak yang tidak menyadari sedang mengidap penyakit jantung sebelum serangan terjadi.

Padahal, penyakit jantung bisa diminimalisir atau bahkan dihindari. Kunci utamanya adalah memperbaiki pola hidup. Hal itu bisa dilakukan dari hal-hal yang terlihat remeh namun bisa menghindarkan serangan jantung.

Dilansir dari iNews.id Selasa (2/5/2023), lima kebiasaan sepele yang bisa mencegah penyakit jantung.

1. Rutin Minum Air Putih  

Minum air putih dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 54 persen pada pria dan 41 persen pada wanita. Air dapat melarutkan kandungan garam dalam darah sehingga meringankan kerja jantung dalam memompa darah segar ke seluruh tubuh. 

Anjuran meminum 8 gelas air putih per hari mungkin terdengar sepele. Namun di balik kebiasaan tersebut bisa berdampak besar bagi jantung dan tubuh.

2. Menjaga Pola Makan  

Makanan-makanan dengan tingkat lemak dan garam yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan seperti fast food, daging asap, sosis, dan kebanyakan makanan yang diolah dengan teknik deep fry. 

Sebaliknya, makanan-makanan segar seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan ikan salmon harus diperbanyak untuk memastikan jantung tetap sehat. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut