get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Lamin Adat Dayak, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Janji Beri Bantuan

Bertemu Majelis Adat Dayak Nasional, Ini Janji Panglima TNI Jenderal Andika pada Suku Dayak

Minggu, 25 September 2022 | 13:07 WIB
header img
Panglima TNI, Andika Perkasa berjanji mengangkat putra suku Dayak menjadi perwira tinggi. ( Foto : Dok. iNews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berjanji akan mencari putra-putri suku Dayak yang potensial untuk menduduki jabatan perwira tinggi TNI. Pasalnya, hingga saat ini belum ada masyarakat suku asal Kalimantan itu pecah bintang.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan Majelis Adat Dayak Nasional (MADN). Dikutipdari  Youtube Jenderal Andika Perkasa, Minggu (25/9/2022), pertemuan tersebut dalam rangka meningkatkan peran serta TNI di masyarakat adat Suku Dayak.  

Ketua Dewan Pakar, yang sekaligus Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong menyampaikan jika belum ada putra-putri adat Dayak yang menjadi perwira tinggi TNI. 

"Sejak kemerdekaan Indonesia tidak ada putra-putri suku Dayak yang menjadi perwira tinggi TNI," kata Alue.

Menanggapi hal tersebut, Jenderal Andika mengaku kaget dan bersalah karena belum adanya putra-putri Dayak menjadi Pati TNI. 

 "Saya merasa bersalah sekali Pak begitu dengar tadi. Saya menyadari sekali bahwa kita berada di Kalbar dan Kalteng kita harus punya, jadi saya merasa bersalah kalau baru sekarang baru ada satu," katanya. 

Andika berjanji akan memberikan kesempatan kepada putra-putri asli Dayak, untuk menjadi Pati TNI. 

"Saya akan berusaha dengan waktu tersisa yang saya pnya. Jadi habis ini cari siapa misal di level Kolonel kita pelajari riwayat hidupnya mana yang paling memungkin kan (menjadi Pati)," katanya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Jenderal Andika : Saya Merasa Bersalah Putra-Putri Dayak Belum Ada yang Jadi Pati TNI)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut