get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Lamin Adat Dayak, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Janji Beri Bantuan

Viral Ida Dayak, Perempuan Sakti Asal Paser Sembuhkan Masalah Tulang dalam Sekali Urut

Selasa, 04 April 2023 | 12:10 WIB
header img
Viral Ida Dayak menyembuhkan masalah tulang dalam sekali urut. (foto : ist/tiktok)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ida Dayak menjadi topik perbincangan hangat di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Metode pengobatan dan kemampuannya menyembuhkan masalah tulang dalam sekali urut membuatnya viral.

Dalam mengobati pasien, Ida Dayak hanya bermodal minyak berwarna merah dengan kain lap. Minyak yang disebut minyak dayak digunakan untuk mengolesi bagian tubuh yang akan diobati seperti lengan dan kaki. 

Sedangkan kain lap digunakan untuk mengikat bagian tubuh yang diobati dan hanya boleh dibuka sesuai jangka waktu yang disebutkan perempuan yang diketahui asal Paser Kalimantan Timur itu.

Dilansir dari berbagai sumber, Ida Dayak lahir di Pasir Belengkong, Paser, Kalimantan Timur pada 3 Juli 1972 dengan nama asli Ida Andriyani. Ida berasal dari Suku Dayak Paser di Kaltim. 

Pengobatan yang dilakukan Ida Dayak termahsyur karena tidak menetapkan tarif kepada pasiennya dan menerima berapapun yang diberikan. Bahkan lebih sering gratis dan hanya memohon selalu didoakan yang terbaik.

Selain itu, saat melakukan pengobatan, Ida juga melakukan tarian dengan tutup kepala dan rompi khas Dayak . Dia juga membacakan kalimat tauhid (laa ilaaha illallaah) dan membaca basmalah setiap kali akan mengobati pasiennya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut