get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Kunjungi Lamin Adat Dayak, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Janji Beri Bantuan

Rabu, 17 April 2024 | 21:39 WIB
header img
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Ketua DAD Kaltim Zainal Arifin meninjau Lamin Adat Dayak di Samarinda. (foto: ist/pemprov kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik mengunjungi Lamin Adat Dayak Kaltim, Rabu (17/4/2024). Rumah adat ini mengakomodir aktivitas 17 sub suku Dayak di Benua Etam.

Akmal disambut Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim Zainal Arifin didampingi Sekretaris Umum Martinus Usat. Dalam penjelasannya, Zainal menyebut jika Lamin itu dibangun sejak 2019 lalu.

Rumah adat yang dibangun tidak jauh dari Kampus Universitas Mulawarman Samarinda sedang dalam tahap pembangunan dan memasuki tahap finishing.

"Lantai dua untuk UMKM bagi perajin khas Dayak dan lantai tiga ruang serbaguna untuk berbagai kegiatan," katanya dikutip dari laman Pemprov Kaltim.

Zainal yang juga anggota DPD RI mengungkapkan pentingnya Lamin tersebut untuk memfasilitasi aktifitas suku Dayak yang terbagi dalam 17 sub suku tersebar di kabupaten/kota se Kaltim.

Keberadaan Lamin Dayak yang pembangunannya mendapat bantuan Gubernur Awang Faroek Ishak dan Gubernur Isran Noor kala itu sangat penting untuk pelestarian dan pengembangan seni budaya adat Dayak Kaltim.

"Waktu Pak Awang, kita dibantu Rp8 miliar dan Pak Isran bantu Rp15 miliar. Semoga finalisasi hingga gedung dimanfaatkan dapat dibantu Pak Pj Gubernur," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut