get app
inews
Aa Read Next : Satelit Mata-mata Rusia Bikin Ketar-ketir Amerika Serikat, Nyaris Tabrak Satelit NASA

Diburu Pemerintah Amerika Serikat, Putin Beri Edward Snowden Kewarganegaraan Rusia

Selasa, 27 September 2022 | 09:54 WIB
header img
Presiden Vladimir Putin memberi Edward Snowden status kewarganegaraan Rusia. (foto: telegraph)

MOSKOW, iNewsKutai.id – Presiden Vlamidir Putin memberikan status kewarganegaraan Rusia kepada Edward Snowden yang menjadi buruan pemerintah Amerika Serikat. Snowden resmi dilindungi Moskow ditengah memanasnya hubungan kedua negara akibat perang Ukraina.

Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) itu sebelumnya menjadi buruan Washington karena membocorkan sejumlah rahasia intelijen AS itu pada 2013 silam.

Dia membocorkan ratusan ribu dokumen rahasia yang mengungkapkan tentang program pengawasan warga sipil di AS. Termasuk aktivitas mata-mata AS terhadap negara-negara asing dan para pemimpin dunia.

“Setelah bertahun-tahun berpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak memiliki keinginan untuk berpisah dari putra kami. Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun pengasingan, sedikit kestabilan akan membuat perbedaan bagi keluarga saya,” ungkap Snowden dalam sebuah pernyataan di media sosial, Senin (26/9/2022). 

Dia pun mengaku bersyukur mendapatkan kewarganegaraan Rusia sehingga statusnya bukan lagi pelarian dan bisa hidup lebih tenang. “Saya berdoa untuk (perlindungan) privasi, bagi mereka, dan bagi kita semua,” kata lagi. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut