get app
inews
Aa Read Next : Dear Mi Instan Lovers, Sayangi Ginjalmu, Segera Batasi Konsumsi Mi Instan

Tips Mencegah Gangguan Ginjal Akut pada Anak, Orang Tua Wajib Baca!

Minggu, 16 Oktober 2022 | 06:54 WIB
header img
Tips mencegah gangguan ginjal akut patut diketahui orang tua. ( Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tips mencegah gangguan ginjal akut patut diketahui orang tua di tengah meningkatnya jumlah pasien di Indonesia. Sejauh ini tercatat sudah 152 kasus yang ditemukan di seluruh Indonesia dan sebagian berujung kematian.

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan belum bisa menyimpulkan penyakit gangguan ginjal akut misterius tersebut. Sebagai langkah antisipasi, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun memberikan tips untuk pencegahan.

Orang tua didorong untuk mengetahui gejala sebagai langkah antisipasi dini. Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengatakan, gejala gangguan ginjal akut umumnya bisa dilihat dari produksi urine yang menurun.

Pada fase lanjut, jika sudah mengalami muntah dan diare, anak akan kehilangan cairan tubuh. "Orang tua disarankan untuk memberikan cairan agar tidak dehidrasi dan segera membawa ke rumah sakit," ujarnya, Jumat (14/10/2022).

Sebagaimana disebutkan kondisi gangguan ginjal akut misterius ini terjadi karena kekurangan cairan. 

"Dalam kondisi seperti itu maka yang membantu adalah pemberian cairan secepatnya. Bila tidak memungkinkan melalui diminum, misalnya anak muntah maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diinfus," ucap dr Eka.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut